Tak terasa 2 bulan lagi kita segera meninggalkan tahun 2021. Dan, selama pandemi ini saya bersyukur masih ada di Bali. Jadi, masih bisa mengunjungi tempat-tempat wisatanya. Yes! Kali ini saya berkesempatan mengunjungi taman air terbaik di Asia menurut Tripadvisor.

Waterbom Bali. Ya! Waterpark ini mendapatkan penghargaan sebagai taman air terbaik di Asia dari Tripadvisor. Namanya terbaik berarti peringkat satu. Bangga, dong! Selama masa PPKM yang tiada henti ini, Waterbom Bali ini sempat tutup, dan baru buka lagi sekitar akhir Agustus 2021. Dan, karena di Bali sudah berada di level-3, yang artinya tempat-tempat umum sudah bisa beroperasi seperti semula meskipun dengan beberapa ketentuan, maka Waterbom Bali selain membuka diri untuk umum, juga memberikan harga khusus selama pembukaan kembali ini yaitu sebesar Rp 200.000 per orang. 

Selain itu, untuk bisa menikmati wahana-wahana yang ada di dalamnya, terdapat ketentuan seperti; 
1. Harus sudah vaksin paling tidak 1 dosis. Kemudian cek in di aplikasi PeduliLindungi.
2. Jika belum divaksin, maka terdapat pilihan dengan menunjukkan hasil negatif test Antigen. Jika belum tes juga, pihak Waterbom Bali juga telah menyediakan tes Antigen di lobi mereka dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 60.000.
3. Atau bisa mengisi formulir kesehatan yang disediakan oleh pihak Waterbom Bali.
4. Anak-anak di bawah usia 12 tahun juga bisa memasuki area taman air dengan syarat, orang tua mengisi formulir kesehatan yang disediakan oleh Waterbom. 

Jangan khawatir, protokol kesehatan juga sudah dilaksanakan oleh waterpark yang lokasinya berseberangan dengan Discovery Mall ini. Hand sanitizer di pintu masuk sudah disediakan, cek suhu tubuh sebelum beli tiket, dan pengaturan jaga karak di loket juga cukup jelas.

Untuk loker tersedia 2 ukuran dengan harga masing-masing: 
1. Regular: Rp 35.000
2. Family: Rp. 45.000

Dengan deposit penyewaan loker sebesar Rp 30.000

Untuk handuk bisa disewa dengan harga Rp. 20.000 per pcs. Deposit sebesar Rp 62.000

Shower tersedia air ingin saja ada, yang air dingin gabung dengan air panas juga ada. Cukup bersih banget area loker dan shower, jadi betah lama-lama mandi di sini hehe.

Ada banyak wahana yang tersedia di sini, dari yang santai (Untuk Anak-anak), sedang, sampai yang ekstrim. 

Nah! Berikut wahana-wahana yang sudah saya coba bersama teman-teman:

1. Lazy River
Ini pemanasan ceritanya, jadi sungai yang berarus sedang yang bisa dinikmati oleh pengunjung dengan menaiki ban yang sudah disediakan.

2. Voli Air
Di kolam ini terdapat sebuah net dan bola, sehingga pengunjung bisa germain voli air di sini. Cukup dalam juga kolamnya, sekitar 1.5 meter. Jadi, kalau  ada yang membawa anak-anak pastikan diawasi ya.

3. Python
Ini merupakan wahana sedang. Sebelum menikmati wahana ini, pengunjung dicek berat badannya. Karena sistem di wahana ini adalah, dalam satu ban bisa dinaiki sampai 4 orang, namun dengan beban maksimal 250 kg. Di tabung peluncuran, ada satu area yang cukup gelap banget. Buat yang tidak bisa gelap-gelapan, mending pastiin pegang tangan kuat-kuat ya, karena memang gelap banget, merem dan melek tidak ada bedanya hehehe. Lorong gelap ini sekitar 10 detik. Dan akan berakhir di kolam yang sudah ada penjaga yang siap membantu ketika kita mendarat. 

4. Superbowl
Wahana ini bisa dinikmati sendiri atau berdua dalam setiap bannya. Dan, wahana ini juga termasuk sedang. Setelah meluncur di awal, kita akan menikmati tabung seluncur pelangi, jadi tidak segelap di Python tadi. Dan, sebelum menuju ke kolam finish, maka kita akan menikmati putaran selama beberapa kali di sebuah mangkok yang cukup besar sampai akhirnya kita memasuki tabung seluncur terakhir sampai di kolam perhentian.

5. Boomerang
Ini termasuk wahana ekstrim. Bisa sendiri atau berdua. Tapi untuk sendirian, bannya tidak tersedia, jadi saran saya, mending berdua, karena setelah peluncuran awal yang cukup terjal, tiba-tiba kembali ke atas dengan papan hampir 90 derajat dan akan dihentakkan kembali sampai ke kolam perhentian. Di saat-saat menuju ke papan yang 90 derajat itu lah rasanya tidak imbang kalau sendirian dengan kapasitas ban untuk berdua. Tapi cukup seru juga ini wahana! Pemanasan sebelum wahana ekstrim lainnya. 

6: Climax
Ini salah satu wahana terekstrim lainnya dengan ketinggian 16 meter. Ban tidak tersedia di sini, pengunjung yang ingin memacu adrenalin akan masuk ke dalam sebuah tabung dengan pintu kaca tertutup dan kita berdiri di sebuah bidang yang di mana tempat kita berdiri itu akan dibuka sehingga dengan sendirinya kita yang berdiri di atasnya akan jatuh ke dalam tabung seluncur dan berputar sekian detik sebelum berakhir di dasar. Teriakan di awal ketika pijakan dibuka itu sudah pasti, namun teriakan tidak berhenti di situ karena kita tidak tahu berapa lama akan berputar-putar dalam tabung. Sehingga saya berteriak sepanjang seluncuran hehe. Terbukti dari rekaman yang dilakukan oleh teman saya. 😁

7. Smashdown
Ini wahana ektrim tertinggi yang ada di Waterbom Bali ini, yaitu setinggi 25 meter. Lagi-lagi, kita tidak diberi pengaman untuk berseluncur di sini. Dan, bedanya dengan Climax selain ketinggiannya adalah, di Smashdown ini, ketika kita "Dijatuhkan" dari tabung kaca, maka secara vertikal akan langsung sampai di bawah, tidak perlu berputar-putar seperti di Climax. 

Itu adalah daftar wahana yang saya coba di Waterbom Bali. Belum semua memang, karena kalau dałam sehari tidak akan cukup untuk coba sebanyak kurang lebih 15 wahana. Mungkin lain waktu saya akan mencoba wahana ekstrim lainnya. 

Waterbom Bali ini juga memiliki sistem keberlanjutan, meraka meminimalisasi penggunaan air di seluruh taman sehingga mengurangi footprint lingkungan. Waterbom Bali juga bangga menjadi operasi wisata pertama di Pulau Dewata yang secara resmi menjadi netral karbon. Intinya, mereka bisa memaksimalkan penggunaan energi, namun dengan cara ramah lingkungan. 

Gimana? Ada yang tertarik untuk mencoba wahana-wahana tersebut? Mumpung masih di harga promo, jadi, jangan sia-siakan! Tapi yang terpenting adalah, tetap jaga kesehatan ya, manteman! 




0 komentar: