.

.

10:12 AM
0



Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu ikon Banda Aceh. Info yang gue dapat dari tukang ojek depan masjid kalo itu masjid didiriin sama Sultan Iskandar Muda jaman Belanda. *gue rasa si tukang ojek ini pasti lupa tahunnya tahun berapa, pokoknya saking lamanya ini masjid didiriin sampe dia bilang di jaman Belanda.

Ini masjid gede banget, arsitekturnya bagus, halamannya luas plus ada kolam ikan plus pancuran ala timur tengah. Cocok banget buat wisata religi deh pokonya. Cuma sayang, gue ga bisa masuk ke area masjid, gue pake celana panjang sih, tapi baju lengan pendek dan tanpa penutup kepala alias jilbab. Temen gue sih udah ngingetin gue untuk bawa apa kek yang bisa buat kerudung atau jilbab selama di Aceh,  dan gue udah bawa sih satu pashmina dan baju lengan panjang, tapi kok ya ga sreg banget kalo lagi siang-siang dengan matahari terik kaya waktu itu gue jadiin kostum. Sedangkan syarat untuk bisa masuk ke area masjid adalah mengenakan baju muslim untuk laki-laki dan muslimah untuk perempuan. Bagi yang non muslimpun bisa masuk ke area masjid, asalkan pake baju yang tertutup, tapi tetep ga boleh masuk ke bagian dalam masjidnya, Cuma boleh diizinin ke area masjid aja. Dan karena gue ga pake baju tertutup (lengan pendek tanpa penutup kepala) so gue ngintip aja di luaran masjid, trus ngobrol ama tukang ojek sebrang masjid sambil makan rujak aceh plus dengerin cerita tentang sedikit sejarah plus tata cara masuk Masjid Baiturrahman yang udah gue tulis di atas tadi.

Si tukang ojek juga cerita, kalo hukum syariat yang ada di Aceh itu berlaku bagi pemeluk agama islam saja. Bagi kaum perempuan diwajibkan mengenakan baju muslimah, sedangkan yang non muslim ga masalah ga pake kerudung, asalkan saling menghormati aja, dan ternyata sering gue ketemu sama perempuan-perempuan tanpa jilbab selama di Aceh, mereka naik motor, mengenakan celana pendek dan kaos oblong kaya di kota-kota lainnya, dan itu ga masalah, karena polisi syariatpun tahu kalau mereka bukan seorang muslimah.

Masih cerita dari tukang ojek. Bagi wisawatan perempuan yang kaya gue pun yang non muslim jangan khawatir kalau mau ke Aceh, karena penduduk Aceh itu ternyata orangnya ramah-ramah loh, ga aneh juga liat perempuan yang ga pake jilbab jalan sendirian. Mereka sudah paham kalau itu adalah wisatawan, pasti ga digangguin, diisengin juga engga kok ternyata J

Puas ngobrol sama tukang ojek, gue mampir ke pasar malam yang ada pas di sebrang Masjid. Dan pas gue lagi liat-liat barang apa aja yang dijual, temen gue nelpon.

Temen gue     : Dew, lo di kamar ga?
Gue               : Lah, gue lagi di pasar malam depan Masij Baiturrahman ini
Temen gue    : Hah, lo udah ke masjid aja, kenapa lo ga nunggu gue?
Gue               : Mana lah bisa gue cengok di hotel and nungguin lo cuman buat liat landmarknya Aceh :P. Emang lo udah balik dari kantor?
Temen gue      : Iya udah, gue juga udah di kamar gue, tadinya gue mau ambil tas gue yang ada di kamar lo.
Gue                 : Minta aja kuncinya sama resepsionis
Temen gue      : Udah, tapi katanya ga boleh main ke kamar tamu yang bukan muhrim
Gue                 : Haiyyyaaa, lo kan Cuma mau ambil tas lo aja, secara gue juga ga di kamar ini, masih ga boleh juga?
Temen gue       : ho oh, tetep ga boleh juga

Itulah peraturan syariat di Serambi Mekah ini. Dan kita harus menghargainya bukan? J


0 comments: