.

.

5:08 PM
0

Mei 2017 - Setelah dari Air terjun Sekumpul, gue melangkah lebih jauh lagi, ga sebegitu jauhnya sih dari Sekumpul, tetanggaan menurut gue, adalah Air Terjun Gitgit, rutenya masih sama, gue saranin lo berangkat dari Denpasar ke arah Sekumpul, kalo Sekumpul kan belok kanan, nah kalo ke Gitgit tinggal lurus aja, dari jalan utama sekitar 3 km sebelah kiri udah ada sign Air Terjun Gitgit.

Air Terjun Gitgit Kembar
Air Terjun Gitgit sebenernya ada beberapa tempat terpisah, sekitar ada tiga tempat, begitupun dengan parkirannya. Air terjunnya sendiri ada yang kembar gitu, dan ada yang bertingkat. Kalo yang kembar medannya mudah banget, ga pake guide juga udah bisa nyampe, tapi karena udah lihat Air Terjun Sekumpul, trus ke Gitgit jadi kesannya biasa aja itu waterfall, jadi makanya gue ga mampir ke semua air terjun itu, cukup satu aja, dan info yang gue dapat lo bisa lakuin water sport di sini, yang kaya panjat tebing tapi di air terjunnya gitu. Gue ga lakuin itu, karena lagi ga pengen basah-basahan, makanya gue cuma mampir di air terjun yang kembarnya aja, yang tingkat ga gue samperin.

Ber-swa foto di Air Terjun Gitgit Kembar
Setelah ngerasa puas, gue liat-liat Gitgit, gue langsung menuju yang lebih jauh lagi, yaitu Air Terjun Aling-Aling, ekpektasi gue ga mau muluk-muluk meskipun udah sempet browsing kaya gimana air terjun itu, karena yang tadi gue bilang, menurut gue Air Terjun Sekumpul was the best to be compared to the other in Bali. Dan gue mau ke sana karena gue tertarik dengan aktifitas airnya, yup, gue main natural slide yang lebih gede dibanding yang di Sekumpul, di sini tingginya bisa sampe 7m, dan loncat-loncatan yang tingginya dari 5-10m. Tadinya gue ga mau sewa jasa guide, tapi gue pikir-pikir, kalo gue ga sewa mereka, nanti kalo gue loncat-loncatan siapa yang dokumentasiin coba, secara gue solo traveler hehe, jadi gue sewa lah jasa mereka, tapi ternyata minimal 2 orang, dan karena gue sendirian jadi harus join sama kelompok yang lain. Ga sampe 10 menit si bli nya manggil gue and kasih tau kalo udah ada yang bisa di-join-nin, ternyata mereka 2 cowok dari Surabaya and Jakarta, dan guidenya pun bli-bli gitu so sah gue waktu itu paling cantik di antara mereka hehe

Air Terjun Aling-Aling

Aling-Aling Waterfall
Ada 3 trek yang bisa dipilih, pendek, menengah, dan panjang. Kalo trekking yang pendek bisa ke 4 air terjun, dan Aling-Aling pasti jadi tujuan utama, setelahnya air terjunnya lebih kecil dan pendek kalo dibanding sama Aling-Alingnya. Kalo yang trekking menengah itu bisa sampe 5 air terjun, dan kalo yang trekking panjang bisa sampe 5 jam ke 7 air terjun plus blue lagoon, yang bikin lama bukan panjang trekking nya sih, tapi keasikan main-main air dan foto-fotonya itu lho, makanya bisa sampe lama gitu. Nah, gue sama 2 partner dadakan aja pilih yang pendek bisa hampir 2 jam lho, karena keasikan main natural slide yang 7m, loncat dari ketinggian 5m, baby natural slide, loncat yang 10m, dan main-main di air terjun yang terakhir, yang kesemuanya gue ga inget nama-namanya kecuali Aling-Aling :D But was fun!

Salah Satu Air Terjun di Aling-Aling, bisa loncat dari atas dengan ketinggian 10m
Ini lupa nama air terjunnya :D

Ini juga lupa namanya hehe
Setidaknya gue pernah di sini



Tips ke Air terjun Gitgit & Aling-Aling 

1.       Berangkatlah dari Denpasar, waktu bisa hemat 1-2 jam perjalanan daripada harus berangkat dari arah Kuta, Seminyak, or Legian, karena jarak tempuh bisa sampe 80km. 
2.        Bisa naik mobil atau motor.
3.       Air Terjun Gitgit: Dari parkiran bisa langsung ke waterfallnya, ga perlu guide juga bisa, ga bakal nyasar kok. Bayar parkirnya juga sukarela aja.
4.     Air Terjun Aling-Aling: Dari parkiran sudah satu area sama pembelian karcis masuk. Kalo ga pake guide biaya masuknya cuma Rp. 10.000. Tapi kalo pake guide per orangnya kena Rp. 125.000 dan minimal 2 orang (trek pendek) sudah termasuk aktifitas air yang udah gue tulis di atas.
5.       Kalo ga tahan kering di badan, so musti bawa baju ganti ya.
6.       JANGAN NYAMPAH selama lo di sana maupun di manapun lo berada!   


0 comments: