Free diving merupakan salah satu favorit gue ketika snorkeling.

Agustus 2020 – Buat lo yang sering ke Bali tapi mainnya area selatan aja. Wah! Sayang banget, apalagi buat lo yang ngaku suka main air a.k.a snorkeling atau diving.

Yup! Selain bisa sunset-an dan main ombak atau berselancar di Kuta, Seminyak, Uluwatu, maupun Canggu, Bali juga punya area yang menawarkan untuk dijelajahi bagi para pecinta surga bawah laut lho. Jadi, dari tempat-tempat yang gue sebut tadi untuk menikmati matahari tenggelam maupun surfing, lo harus mengarah ke timur dan sedikit ke utara. Karangasem namanya. Ada banyak pantai yang menawarkan snorkeling tanpa biaya alias gratis. Kok bisa? Karena lo ga perlu sewa perahu untuk menuju area yang bisa diselamin.  Soalnya dari pinggir pantai lo naruh barang aja udah bisa menikmati itu terumbu karang dan beberapa ikan badut, kura-kura, dan teman-temannya. Tapi dengan syarat, lo punya peralatannya sendiri. Kalo misal ga punya pun, di area situ biasanya ada warung-warung yang nyewain peralatan untuk snorkeling yang biasanya dihargai Rp. 50.000 (Masker dan pipa snorkelingnya aja tanpa fins atau kaki katak).

Berikut pantai-pantai di Karangasem yang kita bisa snorkeling gratis tanpa sewa perahu:

  • Bloo Lagoon

Pantainya terhitung kecil dan berpasir putih. Biasanya kalo lagi pasang ga disaranin sih snorkeling sendirian, kecuali kalo emang lo udah berpengalaman so wajib untuk liat biota lautnya.

Pantai Bloo Lagoon yang berpasir putih

Pantai Bloo Lagoon dari atas. Naik turun tangga nya ga seberapa kok guys!


  • Pantai Pasir Putih/ White Sand Beach / Pantai Bias Tugel

Di sini juga seringnya ombak gede. Jadi, buat lo yang belum berpengalaman disarankan untuk berjemur aja di sini. Tapi kalo yang udah gape, harus kudu nyemplung deh.

Pantai Bias Tugel dengan ombak gedenya

Pantai Bias Tugel yang dikenal juga dengan Pantai Pasir Putih


  • Labuan Amuk

Di sini pantainya cukup besar, ombaknya cukup tenang, dan terhitung lebih sepi. Kebanyakan penduduk lokal. Jadi buat yang masih awam dengan snorkeling bisa dicoba di sini.

Lafitasi dikit lah ya sebelum basah-basahan

Bedanya di pantai ini, lo akan disuguhin dengan bukit-bukit hijau di sekitar pantai

Ceritanya lagi ngangkat anak a.k.a adopsi terumbu karang (Yang kelitan ada tagline putih di bawah gue itu) sama Earth Hour Bali dan yang motoin mereka, makanya ada logo mereka :D

Cukup free diving nya, saatnya cari udara di atas hehe


  • Virgin Beach

Ini salah satu favorit gue. Selain berpasir putih lo juga akan disuguhi dengan pemandangan sebuah pulau yang bentuknya mirip paus. Selain itu taman terumbu karangnya cukup luas, biota lautnya cukup bervariasi, dan kalo beruntung bisa ketemu kura-kura di sini. Dan gue pernah sekali snorkeling di sini di tengah tahun, jelly fish nya banyak banget sampe bentol-bentol kulit gue disengatin ama mereka. Tapi jangan khawatir! Karena ubur-ubur di sini bukan yang beracun kok. Jadi bentol-bentol, gatal, dan rasa panas akibat sengatan ubur-ubur akan hilang ga lebih dari sejam.

Kali ini kagak ada yang motoin, jadi selfie deh hehe
Pasirnya ga putih seputih bayangan pada umumnya sih, masih ada campuran item-itemnya gitu. Dan ini gue lagi menikmati view pulau si ikan paus yang gue maksud.

With a friend :)


Iseng aja depan si Pulau Paus hehe

Pulau Paus dari deket

  • Pantai Jemeluk/ Amed

Ini pantainya berbatu gitu. Batu-batu kecil dan berpasir hitam. Kalo sekedar berdiri setengah badan di air, trus lo liat kaki lo itu berasa kayak di akuarium karena saking beningnya air di sana. Dan di sini juga termasuk bagus terumbu karangnya luas dan penghuni bawah lautnya cukup banyak.

Pantai Jemeluk/ Amed yang cocok untuk snorkeling, beach hopping, dan juga sunset-an
Pantai Jemeluk/ Amed yang identik dengan bebatuan dan pasir hitamnya

  • Stairway to Heaven

Sekitar 15 menitan dari Pantai Jemeluk. Pantainya ga terlalu luas juga, tapi pasirnya cukup lembut dan berwarna putih. Area terumbu karang luas begitupun dengan penghuni bawah lautnya juga bervariasi.

Pantai Stairway to Heaven

  • Japanese Wreck

Di sini selain bisa bertegur sapa dengan biota lautnya, lo juga bisa liat bangkai kapal Jepang yang udah karam selama puluhan tahun. 

  • Pantai Tulamben

Terkenal dengan spotnya yang ada shipwreck Kapal Liberty. Jadi area ini ga cuma buat snorkeling, tapi para diver juga banyak yang eksplor area ini demi untuk lihat secara langsung kapal karam yang cukup gede dan saking lamanya sampe jadi terumbu karang di beberapa bagian kapalnya. 

Bagian Kapal Liberty yang akhirnya jadi terumbu karang

Enak jadi ikan renangnya ga perlu pake peralatan diving atau snorkeling hehe

Tapi cantik juga bagian Kapal Liberty yang jadi terumbu karang

Sekalian diving di sana ceritanya

  • Pantai Coral Garden

Masih di area Tulamben. Di sini pantainya juga berbatu gitu dan berpasir hitam. Di sini lo bakal bisa lihat terumbu karang dan biota laut yang lainnya plus beberapa patung Budha.

Ciri khas pantai-pantai di Tulamben yang berbatu dan pasir hitam

  • Pantai Drop-Off

Ini sebenernya sebutan yang dikasih sama dive shop yang ada di sana. Karena, di Tulamben itu terkenal dengan spot untuk diving dan bagi mereka yang mau ambil sertifikat sebagai seorang penyelam. Nah, tahap-tahap untuk mendapatkan sertifikat itu selain latihan di kolam renang juga akan tes di beberapa spot laut lepas. Dan, salah satunya adalah pantai ini sebagai tahap pertama. Lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Coral Garden sehingga sangat memungkinkan bagi yang mau snorkeling di pantai ini.

Habis snorkeling dan diving seharian, so nyantai sekalian nunggu sunset yang ga berhasil gue lihat karena ketutupan awan -_-

Nah, itulah daftar pantai-pantai di Bali yang bisa dieksplor bawah laut nya alias snorkeling tanpa biaya/ gratis. Kalo lo punya daftar yang belum tertulis di sini boleh banget tambahin di komen ya :)

Kemanapun lo melangkah, pastikan jangan ninggalin sampah!

Met snorkeling! 



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Explorer banget si Mba nya ini. Aku beberapa ke Bali aja ga kepikiran untuk cari yang gratis2 sebanyak ini lho. Thanks rekomendasinya ya. Terus tulis tempat2 wisata yang bagus dan gratis hehehe

aliyahdewi mengatakan...

Hehehe iya, emang suka nyari tempat2 yang anti main stream.