.

.

11:56 AM
1
Setelah puas sama Museum Tsunami, gue sama temen gue memutuskan untuk mengunjungi kapal karam yang terkenal itu lho, yang katanya sampe singgah di atap rumah gara-gara kebawa ombak pas tsunami. Tapi setelah ngikutin petunjuk beberapa orang, ga nemu juga kita itu tempat. Akhirnya gue sama temen gue memutuskan untuk ke Pelabuhan Ulee Lheue, karena pas kita lagi nyari-nyari kapal karam itu, yang ada malah petunjuk ke Ulee Lheue, secara gue denger itu salah satu pelabuhan untuk bisa nyebrang ke  Sabang. Iya Sabang di Aceh, bukan Jalan Sabang di Jakarta. Masih ga tau juga kalo di Aceh ada Sabang? Hadeh! Tapi ingat kan kalo masih SD dulu ada pelajaran yang bilang kalo Negara kita ini luasnya dari Sabang sampe Merauke? Inget kan, inget kan??? Nah kalo masih ga percaya kalo di Aceh ada Sabang, lagi, gue minta lo untuk buka peta Indonesia, kalo bisa yang nyambung sama internet ya, jadi lo bisa zoom sampe gede banget baru itu tempat keliatan. Iya kalo di peta, itu pulau keciiiil banget, pas sebrangnya Banda Aceh. Jadi pelajaran geografi ini :D

Gue and temen gue ngikutin petunjuk ini untuk ke Pelabuhan Ulee Lheue
Sepanjang jalan pas kita nyari kapal karam yang ga ketemu-ketemu akhirnya kita mutusin untuk ke Pelabuhan Ulee Lheue. Dan selama perjalanan menuju Pelabuhan Ulee Lheue, jalanannya sepiiii bener kaya di jalanan Jakarta kalo lagi lebaran. Padahal itu udah hampir jam 12 siang. Usut punya usut ternyata warga Aceh tuh kalo hari Jumat akan mulai beraktifitas penuh setelah usai Sholat Jumat. Ah pantesan sepi bener jalanan.




Selamat Datang di Pelabuhan Ulee Lheue 



Sesampainya di Ulee Lheue, kita cari tau, jam berapa kapal yang nyebrang ke Pelabuhan Balohan di Sabang atau juga yang terkenal dengan nama Pulau Weh. Dan ternyata kapal berangkat cuma 2 kali dalam sehari. Jam 9 pagi and jam 4 sore. Dan ada dua pilihan, pake kapal lambat atau kapal cepet. Kalo kapal cepet jarak tempuh untuk sampe di Pelabuhan Balohan cuma 45 menit, and kalo pake kapal lambat, jarak tempuhnya jadi sejam 45 menit. Karena gue ama temen gue bawa motor, so kita pilih kapal lambat yang mengizinkan penumpangnya untuk bawa kendaraan. Untuk tiket juga baru mulai dijual dua jam sebelum keberangkatan. Sedangkan gue sama temen gue nyampe di pelabuhan jam 12 siang. Loket tiket baru buka jam 2 nanti, itu artinya gue and temen gue harus nunggu dua jam untuk dapetin tiket, dan harus nunggu dua jam lagi untuk nyebrang. Total 4 jam kita berdua luntang lantung di Pelabuhan Ulee Lheue :D

Harga tiket termasuk murah, ga sampe 100 ribu per orang untuk kedua jenis kapal (tergantung kelas juga). Tapi kalo bawa motor atau mobil ya pasti dikenain biaya lagi.

Untung ada warung di Pelabuhan Ulee Lheue itu, dan untungnya juga banyak variasi makanannya, jadi bisa lunch, desert, ngemil, lunch lagi, desert lagi, and ngemil lagi sampe loket tiket buka.

Jam setengah dua gue sengaja nggelar diri alias lesehan depan loket tiket, dengan maksud biar gue ngantri nomor satu gitu. Sampe hampir jam 3 itu loket ga buka juga. Pas ada orang berseragam, yang gue yakin dia adalah petugas pelabuhan, gue tanya sama tuh petugas

Gue                       : Pak, loket buka jam berapa?
Petugas                 : Jam 2
Gue                       : Hah, Pak ini udah hampir jam 3 lho.
Petugas                : Oh ya bentar lagi kalo gitu (sambil nyelonong aja itu petugas ga kasih penjelasan kenapa telat buka loketnya)
Gue                       : Bengong and pas nyadar dari kebengongan gue, gue sewot ama tuh petugas.

Pas loket dibuka, ternyata tuh petugas yang gue tanya tadi emang petugas loket. Dan gue yakin dia inget wajah gue yang nanya jam berapa loket dibuka, eh pas dia liatpun muka polos aja ga pake maaf karena telat (pake banget) buka loketnya L

Ini kapal yang bawa gue and temen gue ke Pulau Sabang
Tapi setelah nanya-nanya lagi (depth interview sama beberapa petugas pelabuhan) ini jadwal kapal yang nyebrang dari Banda Aceh (Pelabuhan Ulee Lheue ke Pulau Sabang/ Weh (Pelabuhan Balohan):

·       Kapal Cepat Pulo Rondo
Berangkat jam 09.30, tiba jam 10.15 WIB (setiap hari)
Harga mulai dari Rp. 60.000

·       Kapal Cepat Express Bahari
Berangkat jam 16.00, tiba jam 16.45 WIB
Harga mulai  dari Rp. 55.000

·       Kapal Ferry KMP BRR
Berangkat jam 14.00 (Senin, Selasa, Kamis, Jumat)
Berangkat jam 10.30 dan 16.30 WIB (Rabu, Sabtu, Minggu) 
Harga dari 11.500

Jadwal di atas bisa berubah sewaktu-waktu, itu terbukti pas gue berangkat waktu itu hari Jumat pake Ferry KMP BRR, infonya ada berangkat jam 14.00 WIB, tapi ga taunya loket baru buka hampir jam 15.00 dan kapal baru berangkat jam 16.30 WIB.


1 comments:

pendaftaran cpns said...

hahaha.... pengalamannya seru juga :)