.

.

12:39 PM
0
Jun 2017 – Pulau di dalam pulau, itulah Nusa Lembongan. Dan gue dapat kesempatan untuk nyebrang ke sana di akhir pekan dari Sanur yang membutuhkan waktu ga lebih dari 30 menit dengan perahu yang selalu standby setiap saat.

Ga perlu pesen tiket kalo mau ke sana, karena setiap saat banyak kapal yang menuju ke pulau tersebut. Kalo beli tiketnya juga gampang, pas lo masuk kawasan Pantai Sanur udah banyak lo liat kanan kiri jalan tempat penjualan tiket ke Nusa Lembongan – Nusa Ceningan, tapi harus pinter-pinter nawar ya, kalo mau yang pasti dan harga lokal mending ke salah satu toko deket Warung Mak Beng dah, sekali jalan bisa dapat Rp. 100rb, kalo beruntung lo bisa dapat cuma Rp. 70 rb, tapi kecil banget itu kemungkinannya kalo lo ga kenal deket sama orang sana. Dan gue saranin lo beli one way aja ya, soalnya kalo untuk pulang mending beli dari Nusa Lembongannya, karena kalo harga lokal pasti dapat cuma Rp. 70rb.

Salah satu kapal yang siap berangkat ke Nusa Lembongan dari Sanur
Rutenya dari Sanur – Mushroom Bay, Nusa Lembongan. Dan nanti dari Mushroom Bay, lo pasti bakal disambut sama Bli Bli yang nawarin sewa motor, harga umumnya per hari sih Rp. 50rb udah termasuk bensin, tapi kalo bisa nego would be nice. Kalo misal lo dari Denpasar udah nyewa motor misalnya, dan lo mau bawa itu motor ke Nusa Lembongan gimana? Bisa aja, tapi lo harus ke Pelabuhan Padang Bai untuk nyebrang, karena di sana ada kapal yang bisa nampung kendaraan bermotor, sedangkan kalo dari Sanur cuma muat nampung orang aja. Dari Denpasar/ Kuta ke Padang Bai bisa sejam perjalanan.

Jadi selain Nusa Lembongan, ada dua pulau lagi yang berdekatan, yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Penida, nah Nusa Lembongan ini pulau terbesar kedua setelah Nusa Penida. Dan kalo lo udah di Nusa Lembongan sekalian mampir ke Nusa Ceningan ya, nih tempat-tempat yang perlu dikunjungi selama di sana: 

1.       Mushroom Bay
Lo bakal turun di pelabuhan ini. Selain emang jadi pelabuhan, pantainya bisa lo pake renang, snorkeling yang terumbu karangnya dikit bingit, berjemur, dan liatin orang lalu lalang. 

Area Mushroom Bay, di salah satu kafe yang ada pool nya 
2.       Panorama Point
Dari Mushroom Bay sekitar 10 menitan kok kalo naik motor, dan di sana nanti lo bisa liat pemandangan rumah-rumah penduduk plus hamparan laut dari pinggir jalan. Pas deh buat selfie. 

Panorama View
3.       Yellow Bridge
Ini adalah jembatan penghubung dari Nusa Lembongan ke Nusa Ceningan, dan gue saranin kalo emang lo punya waktu 2 hari di sana, langsung nyebrang aja ke Nusa Ceningan. Tapi hati-hati di jembatan ini ya, pastiin gantian jalannya, karena mengingat waktu itu sempat roboh karena kelebihan muatan. 

Yellow Bridge yang masih direnovasi setelah roboh karena kelebihan muatan
Ini gue ke sana yang Yellow Bridge nya masih baik-baik aja a.ka. sebelum roboh
4.       Blue Lagoon
Setelah lo berhasil nyebrangin Jembatan Kuning plus foto-foto, lo bisa mampir ke Blue Lagoon, di sini selain lo bisa selfie lo bakal dimanjain sama birunya air laut dalam sebuah laguna. 

di Blue Lagoon
Ke mana-mana sendiri begini kesian juga gue kadang ama diri gue sendiri :D
5.       Cliff Jump
Setelah puas ber-swa foto di Blue Lagoon, lo tinggal jalan kaki aja kurang dari 7 menit ke Cliff Jump, dan di sana lo bisa lompat-lompatan dah dari atas langsung ke samudra, khusus buat lo yang punya nyali petualang ya :D 

6.       Secret Beach
Kalo ga punya nyali loncat-loncat ke laut, langsung aja ke Secret Beach, di sana lo bisa beach hoping, berjemur, atau renang-renang dah.

7.       Nusa Penida View
Setelah puas keliling Nusa Ceningan dan pengen rehat untuk makan siang, gue saranin lo ke Nusa Penida View, di sana ada restaurant yang kasih pemandangan Nusa Penida, kalo rasa dari makanan di resto itu ga recommended sih :D 

Nusa Penida view dari resto pas gue lunch
Tinggal renang juga nyampe ya kayanya dari Ceningan ke Penida :D
8.       Dream Beach
Setelah puas keliling Nusa Ceningan, lo bisa balik ke Nusa Lembongan dan mampir ke Dream Beach dengan nyebrang Yellow Bridge lagi. Pantai ini deket banget sama penginapan (Gue lupa namanya), dan di sana lo bisa beach hoping, renang, dan berjemur. Tapi ati-ati ya, soalnya seringanya ombak gede di sini. 

Dream Beach
Lo juga bisa main ayunan di Dream Beach

9.       Devil’s Tears
Masih di area Dream Beach, lo telusurin aja jalananan di sana dan lo bakal nemu water blow yang kaya di Nusa Dua, cuma di sini lebih gede dan lebih seru!

Devil's Tears a.k.a water blow nya di Nusa Lembongan
Area Devil's Tears
10.   Sandy Bay
Udah puas main air dan menggelapkan diri, saatnya menikmati matahari tenggelam di Sandy Bay. Kalo mau sambil makan malam ada restaurant di sana, dengan pemandangan laut lepas plus sunsetnya, yang ga dijamin rasa makanannya hehe 

Sunset pas lagi mendung ceritanya di Sandy Bay :(
Salah satu resto yang punya sunset view

11.   Jungut Batu Beach
Satu lokasi sama Mahagiri Resort, di sini lo bakal dimanjain sama biru toska nya air laut, airnya ga berombak, tapi dangkal, gue coba renang sampe ke arah tengah aja masih juga cetek plus banyak rumput laut dan tajam dasarnya, karena bukan pasir.    

Udah jauh-jauh ke tengah pun masih cetek itu laut :(
Pantai Jungut Batu

Akhirnya ada temen juga untuk negbolang setelah 3 kali ke sini :D

 Tips Ke Nusa Lembongan – Nusa Ceningan 

1.       Bisa dari Sanur, tiket banyak di toko-toko di daerah Pantai Sanur, harga lokal Rp. 70-100rb. Gue saranin beli tiket sekali jalan aja, kalo pulangnya lo bisa beli di Mushroom Bay, Nusa Lembongan, karena pasti lebih murah, dan pasti dapat kuota. 

2.       Bisa dari Pelabuhan Padang Bai, loket tiket juga sudah tersedia di sana, kalo dari pelabuhan ini lo bisa bawa kendaraan bermotor. Harga lupa :D 

3.       Sewa motor per hari Rp. 50rb sudah termasuk bensin full, kalo lo bisa nego keren! 

4.       Keliling dalam sehari sebenernya cukup kok di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan ke seluruh destinasi yang gue tulis di atas, cuma jatuhnya selfie sana selfie sini aja, ga bener-bener menikmati setiap yang lo kunjungin. Paling enak kalo punya waktu paling ga 3 hari 2 malam. 

5.       Penginapan juga gampang dan banyak di pulau ini, ga reservasipun pasti dapat, kalo mau yang murah-murah antara Rp. 150rb-200rb bisa ke daerah Jungut Batu.

6.       Paket snorkeling rata-rata Rp. 150rb-300rb, bisa langsung ke nelayan atau ke penginapan. Lokasi di perarian perbatasan Nusa Lembongan dan Nusa Penida. 

7.       JANGAN NYAMPAH selama di sana maupun di manapun lo berada!


0 comments: