.

.

6:47 PM
0
Jun 2017, updated April 2018 – Nusa Penida adalah pulau terbesar kalo dibanding 2 pulau yang lainnya yaitu, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, dan kalo ke sini mending spare waktu paling ga 5 hari sampe seminggu untuk bisa eksplor tempat-tampat yang cantik, karena lokasinya yang lebih luas plus jalanannya yang masih berbatu, berlubang, plus berliku-liku, jadi kalo dari satu tempat wisata ke wisata yang lain paling ga butuh sejam untuk sampe sana.

Ga semua tempat wisata di sana jalannya amburadul, sebagian udah bagus sih, tapi mostly nama tempatnya kalo ga bay ya pantai, padahal banyak tempat-tempat yang dibilang pantai itu ga ada pantainya, tapi lebih tepatnya adalah tebing. Dan berikut beberapa tempat yang bisa lo kunjungin selama di Nusa Penida. Oh ya, di sana cuma ada dua pilihan, barat atau timur, nih detailnya:

Bagian Barat: 

1.       Crystal Bay
Ini adalah salah satu lokasi untuk snorkeling dalam paket snorkeling yang ditawarkan, mau lo dari Nusa Lembongan pun lo bakal dibawa ke sini sebagai salah satu tujuannya. Jadi kalo misal lo ga mau ikut paket, lo bisa datang ke sini untuk snorkeling sendiri, selain itu renang-renang aja juga boleh, berjemur, atau ngelamun juga bisa. Dan kalo lagi beruntung, sunset di sini is recommended! Yang pertama gue ke sana pas mendung, trus yang kedua kalinya gue beruntung banget! :D 

Crystal Bay
Kedatangan gue yang kedua kali membawa keberuntungan untuk liat sunset
2.       Gamat Bay
Ini juga salah satu tujuan untuk snorkeling dalam paket, dan lagi-lagi, mau lo dari Nusa Lembongan pun tujuannya ke sini sini juga. Lokasinya ga jauh dari Crystal Bay, tapi bedanya, kalo di Crystal Bay, habis lo parkir bisa langsung ke pantainya tanpa trekking, nah kalo di Gamat Bay ini lo harus trekking ke mini hutan gitu lah sekitar 300 m yang jalannya masih tanah dan terjal, trus pantainya putih dan kalo ke bibir pantai lebih banyak batunya gitu, jadi kalo mau renang musti lewatin itu bebatuan untuk bisa sampe agak ke tengah dan terbebas dari bebatuan. Waktu itu gue lagi renang di pinggir pantai dan gue liat ada penyu nyasar kebawa ombak kayanya, makanya bisa sampe ke pinggir kaya gitu, rasanya pengen lari ambil hp untuk gue foto itu penyu, tapi karena bebatuan jadinya gue ga bisa lari cepet, dan kalo pun gue paksain untuk ambil hp and foto, pasti penyunya udah balik lagi ke tengah, jadi gue nikmatin aja itu penyu tanpa dokumentasi sampe dia kebawa ombak dan balik ke tengah lautan, bye bye penyu gede!

Gamat Bay yang banyak batunya

Gamat Bay
3.       Tembeling Water Spring
Selain lautan lepas, dan pantai yang bebatuan dan tebing-tebing, di sini lo bisa liat ada mata air, iya mata air tawar plus pemandiannya, dibagi dua itupun, yang di atas untuk cowok dan yang dibawa untuk cewek. Medan nya luar biasa untuk mencapai lokasi ini, jalannya bener-bener cukup untuk satu motor aja plus nukik turun bingit, sebelah kiri tebing, dan sebelah kanan jurang, gue aja sampe jatuh, untungnya di tepi jurang aja  dan ga sampe ke dalamnya, motor gue sempet ga mau dinyalain pas habis jatuh, dan kecium bau bensin bocor gitu dah, dan karena ga ada satupun orang yang lewat, jadi gue jalan naik lagi untuk balik ke kampung terdekat untuk minta bantuan, and Thank God ada satu bapak yang lagi bonceng anak istrinya yang mau bantuin gue, ga habis pikir kalo sampe gue jatuh ke jurang, berarti gue ga bakal bisa sharing di sini hehehe

Mata Air Tembeling
Pemandian Tembeling
Pantai Tembeling
Pantai Tembeling
Untung segini doang luka pas jatuh dari motor, ga pake masuk jurang lagi :D
4.       Banah Cliff
Ini lokasinya sekitar 2 km dari Mata Air Tembeling, dan salah satu lokasi yang bagus untuk liat sunset juga sih, asal ga mendung. 
Banah Cliff
5.       Kelingking Cliff NOW become Kelingking Beach!
Orang lebih nyebutnya Pantai Kelingking, emang ada pantainya dikit gitu, tapi ga memungkinkan untuk kita turun ke sana, secara kalo maksain turun yang ada kena ombak yang gede itu lah. Tapi emang luar biasa pemandangan di sini. (Ini tahun 2017)

(Paragraf ini tulisan tahun berikutnya/ 2018, dikunjungan gue yang ke sekian kalinya). Dan ya, setelah kunjungan gue untuk yang kesekian kalinya, akhirnya kita bisa turun ke pantainya, so that's why officially we can call it Kelingking Beach, sila cek foto-foto terbarunya ya :) Dan kalo beruntung lo juga bisa liat Manta dari atas, terakhir datang ke sini Maret dan banyak Manta, sebelum-sebelumnya akhir tahun gue ke sini dan ga pernah ketemu Manta.

Pantai di Kelingking Cliff yang ga memungkinkan untuk diinjak (2017)
Cuma bisa selfie gini aja di Kelingking Cliff (2017)


Tangga yg terbuat dari bambu dan batang-batang pohon ini bisa lo lewatin untuk ke pantainya

Yang fobia ketinggian mending ga usah turun ya, bawa air yang banyak karena bikin dehidrasi banget tangganya :D

Tahun lalu cuma bisa berharap untuk bisa turun, eh tahun ini keturutan juga nginjak di pasir putihnya

Dan nemu juga spot yang lucu plus sunsetnya yg cakep!


6.       Turtle Cliff
Lokasinya deketan sama Kelingking Cliff, dan dipetunjuknya bilang Turtle Beach, bayangan gue ketika baca sign itu adalah gue bakal ke sebuah pantai dan bakal berenang sama penyu-penyu gitu, eh ga tau nya pas nyampe sana lagi-lagi lautan luas yang dikelilingi tebing. Kecewa? Iya lah, soalnya ga bisa renang, yang ada cuma bisa foto-foto dari atas, emang cantik sih itu pemandangan.

Mereka nyebutnya Pantai Turtle yang sama sekali ga ada pantainya :)
7.       Pasih Uug (Broken Beach)
Ini juga, kalo boleh gue saranin ganti nama jadi Broken Cliff instead of Broken Beach, karena di sana ga ada pantai cuy, yang ada pemandangan tebing bolong yang cantik yang bisa lo nikmatin dari atas doang. 

Temen gue selama ngebolang di Pasih Uug, Nusa Penida
Pasih Uug/ Broken Beach yang lagi-lagi ga ada pantainya tapi disebut beach :D
Cuma bisa kagum aja sama ciptaan Tuhan yang luar biasa ini
8.       Angel’s Billabong
Masih di area Pasih Uug lokasinya, tinggal jalan kaki ga sampe 5 menit juga lo bakal nemu tempat yang keren ini. Di sini lo bisa renang, tapi harus nurunin tebing ya untuk bisa ke sana, plus kalo ombak lagi ga pasang lo bisa nyantai renangnya.

Angel's Billabong yang lagi sepi dan ombak lagi bersahabat
Mumpung sepi, jadi bisa juga nyemplung and foto dan ga bocor :D
9.   Pererenan Cliff
Selain Tebing Pererenan lo juga bisa ke mata air Seganing, ini pemandangan tebingnya.

Tebing Pererenan

Pererenan Cliff
10.   Mata Air Seganing
Yup, gue lebih setuju nyebut wisata ini dengan Mata Air Seganing instead of air terjun, karena kaya gerojokan di kali aja yang orang lokal bilang air terjun, secara yang ada di otak gue kalo ngomongin air terjun ya paling ga kaya Sekumpul. Dan lagi-lagi, tipikal nya wisata di Nusa Penida kalo ga turun naik tangga yang ekstrim bukan Penida namanya :D

Tangga untuk menuju ke sumber mata air

Kalo yg ga biasa olah raga siapin koyo yg banyak ya setelah dari sini :D

Tangga ekstrim menuju salah satu surga di Nusa Penida

Itu yang orang lokal bilang air  terjun, dan gue lebih suka nyebutnya mata air

Bebatuan yang dilewatin air bersih untuk menuju ke laut

Ada kolam kecilnya yang kita bisa berendem di sana, segerrrrrr!

Pemandangan laut lepas sisi kanan Mata Air Seganing

Pemandangan laut lepas sisi kiri, dan sebelah kiri gue itu ada goa lho

Perjuangan banget menuju ke mata air ini :D




Bagian Timur: 

1.       Pantai Atuh
Namanya mirip-mirip sunda nyak hehehe. Nah ini baru beneran pantainya ada, so bisa berjemur, renang, plus beach hoping gitu deh, kalo lapar, ada beberapa warung yang siap nyediain makanan mie instan hehe 
Pantai Atuh
Atuh Beach
Pantai Atuh lagiiii
2.       Pulau Seribu
Lho kok udah di Jakarta aja, bukannya ceritanya lagi di Nusa Penida, Bali? Hehe iya, ini masih di Nusa Penida kok, lokasinya masih di Pantai Atuh, tetanggaan, kalo lo masuk nya dari Pantai Atuh, so lo harus naikin tangga yang cukup bikin betis lo ketarik, khusus buat lo yang ga pernah olah raga ya, tapi kalo lo masuknya dari Pulau Seribu ya ini lokasi pertama yang lo liat trus Pantai Atuh dah. Cukup keren tempatnya! 
Pulau Seribunya Nusa Penida
Puas meskipun cuma bisa liat dari atas
3.       Bukit Teletubbies
Akhirnya bisa menikmati ijonya bukit-bukit ini dah, baguuuuus! 
Bukit Teletubbies
4.       Guyangan/ Peguyangan Water Spring
Bener-bener ektra workout kalo untuk bisa ke mata air yang satu ini, buat lo yang takut ketinggian dan ga biasa olah raga mending gue saranin ga usah ke sini dah, karena tangga-tangganya itu lo, bener-bener juaraaaaaa! Lo liat foto-foto gue di bawah ini dah. Dan gue yakin ini sebenernya ga dibuka untuk wisata, karena selama perjalanan gue ngelewatin tangga-tangga biru dengan jalur yang juara itu, gue liat pipa-pipa dan kabel-kabel yang gede-gede dah, entah itu pipa untuk nyalurin air ke rumah-rumah penduduk atau pembangkit tenaga listrik. 
Tangga di Guyangan kaya gini, dan panjang pulak :(
Dijamin betis ketarik plus keringet yang kaya habis kehujanan
Noh tangganya kek begono, ada kali setengah jam nurunin itu tangga :D
Ada gapuranya ternyata, dan ada juga puranya lho di samping kanan itu
Mata Air Peguyangan, dan ada tanda ga boleh dipake mandi
Dan lo harus ngelewatin ini kalo mau renang dengan view yang dahsyat! Ati-ati, sebagian batunya licin
Ini yang gue maksud pemandangan dahsyat itu, lautan lepas plus ombak yang tinggiiii, adu nyali euy! :D
5.       Goa Giri
Lo pasti ngelewatin lokasi ini kalo mengarah ke Pantai Atuh. Posisinya di sebelah kanan jalan, ya iya lah, kalo sebelah kiri kan lautan lepas :D

6.    Korawa Beach
Untuk ke sini PR banget dah, jalanannya ga ada petunjuk sama sekali, kita cuma ngandalin GPS, dan ga nyangka aja jalanan yang ga keliatan menuju dearah touristic ternyata ada aja yang spot yang bagus, dan cuma kita aja waktu itu yang ke sana :D

Ada pantainya, tapi kaya Kelingking tahun lalu yang ga bisa diturunin, jadi cuma liat dari atas aja, mungkin tahun depan kalo gue ke sana lagi udah dibikinin tangga kaya di Kelingking Beach kan bagus juga, ya namanya juga berharap :)

Setelah lo lewatin antah berantah dan nemu petunjuk ini ambil kanan ya, emang ga tertulis, tapi pasti ketemu pantai yang gue maksud
Pantai Korawa yg ga berpetunjuk dan belum bisa diturunin

Sisi kiri Pantai Korawa, gue nyebutnya Korawa Cliff :D

Pantai Korawa dari seberang
Semoga tahun depan udah ada yang bikinin tangga, jadi bisa turun ke pantai di bawah itu 
7.    Lumangan Beach
Lagi-lagi, ga ada pasirnya tapi disebut Pantai Lumangan. Di sini jadi salah satu spot snorkeling juga ternyata, pdahal udah beberapa kali ke Nusa Penida untuk snorkeling tapi belum pernah ke spot ini.

Ikutin petunjung ini untuk bisa sampai di lokasi yang dimaksud

Petunjuk yang sama

Pantai Lumangan yang tak berpasir
8.     Pantai Bulian
Ini arahnya ke kiri, tertulis di papan petunjuk. Pantainya lebih berbatu, dan penuh dengan sampah :(

Pantai Bulihan

Pantai Bulihan yang berbatu

Itu sampah :(

Pantai Bulihan dari area parkir

9.    Rumah Pohon
Ini searah dengan Pantai Atuh, cantik banget pamandangannya, dan lagi-lagi harus turun naik tangga yaaaaa :D

It's awesome view!

Rumah Pohon View

10.     Suwehan Beach
Another challenge stairs to reach this beach hehe. But worth it untuk dikunjungin, selfie, wefie, renang, atau sekedar berendem, tapi ombak lumayan ya, so kalo ga suka dan ga bisa main ombak mending foto-foto aja deh. Karena lokasinya di timur, so cocok untuk sunrise-an.

Suwehan Beach

Pantai Suwehan
Di Pantai Suwehan

Masih di Pantai Suwehan

Lokasi Snorkeling di Nusa Lembongan atau Nusa Penida, Spot nya Sama:

1.    GT Spot
GT Fish atau singkatan dari Giant Trevally. Gemes liat ikannya, pengen gue tangkap trus gue panggang :D

GT Fish

Giant Travelly Fish
2.     Gamat Bay
Di sini lebih ke batu karang yang cantik-cantik dan ikan-ikan badut aka Nemo

3.    Patung Budha
Di sini ada ikan kecil-kecil tapi ga banyak, karena emang fokus di Patung Budha dan beberapa stupa, arus cukup kuat di sini, makanya udah disiapin tali untuk pegangan selama snorkeling di area ini.

Budha Statue Point

Ada juga stupa nya

Berswa foto dengan sang Patung Budha
4.    Manta Point
Namanya juga Manta Point, ya pastinya yang diharapkan akan ketemu dengan si ikan keluarga Ray ini lah.

Manta Ray lagi manuver

Lagi mangap itu si Manta nya

Berswa foto dengan si Manta dan sayang sampah plastik bertebaran :(



Tips ke Nusa Penida:
1.    Masih sama rutenya, dari Sanur bisa, dari Padang Bai juga bisa. 
2.   Harga tiket juga sama, dari Rp. 70rb – 100rb. Dan lagi-lagi, mending beli satu kali jalan aja ya, untuk pulangnya, mending beli dari sana.
3.   Oh ya, kalo ke Nusa Penida, tiket harus dipesen sehari sebelum, karena seringnya habis kalo on the spot. Tapi kalo dari Padang Bai bisa beli hari itu juga, cuma, jam kapalnya itu yang suka semau-maunya, gue waktu itu dapat info kapal berangkat jam 12, eh ga taunya jam 11 udah berangkat. Trus tinggal satu kapal lagi yang mau berangkat jam 5 sore, ga taunya berangkat jam 18.30, ampun dah!
4.    Tapi kalo lo maksa mau berangkat hari itu juga dari Sanur, sedangkan tiket ga dapet, so lo bisa nyebrang ke Nusa Lembongan dulu, nah kalo udah sampe di Mushroom Bay, lo ngojek dah sampe di Yellow Bridge, karena di sana lo bisa naik jukung yang ke Nusa Penida. Kalo lo sendirian (kaya gue waktu itu), musti sabar nunggu ya, karena paling ga 10 orang, tapi kalo lo punya duit, bisa carter itu jukung sekitar Rp. 200rb. Kalo mau nunggu bisa cuma Rp. 15-20rb.
5.   Sampe pelabuhan manapun, seperti biasa, bakal dicegat ama bli bli yang mau nyewain motor, nah di sini lebih murah, sehari bisa cuma Rp. 35rb plus bensin.
6.    Penginapan lumayan PR di sini, karena lokasi nya yang jauh-jauh, so mending lo pesen via online travel agent dah, harga juga kompetitif, eh lebih murah kalo dibandingin di Lembongan.
7.      Paket snorkeling rata-rata Rp. 150rb-300rb, bisa langsung ke nelayan atau ke penginapan. Lokasi di perarian perbatasan Nusa Lembongan, Crystal Bay, dan Gamat Bay.
8.     JANGAN NYAMPAH selama di sana maupun di manapun lo berada!


0 comments: