Udah jauh-jauh dari Jakarta ke Papua tapi ga nyampe juga ke Wayag di Raja Ampat, ya  karena gue traveling sendirian and ga dapet tendem untuk ke sana, jadi ga mampu sewa kapal sendiri, trus pas lagi di Labuan Bajo and ga bisa juga ke Pulau Komodo? Dan lagi-lagi alasannya ga ada yang trip ke sana. Aduh! Berasa bukan hari keberuntungan gue banget deh rasanya liburan gue kali ini.

Daripada gue bête karena bakal ga dapat tendeman lagi, so better gue explore sedikit di Labuan Bajo itu, gue sempetin mampir ke Gua Batu Cermin sambil nunggu kabar yang gue harapin. Jadi ceritanya gue nginep di Penginapan Matahari di Labuan Bajo, semalamnya gue dapat Rp. 200,000, sebenernya bisa lebih murah lagi kalo mau nawar, Cuma gue udah cape saat itu, karena perjalanan dari Papua untuk sampe Labuan Bajo yang harus ngemper di Manado, Surabaya, and semalaman di Bandara Ngurah Rai Bali jadi bikin gue males nawar, karena pengen bisa selonjoran di tempat tidur yang bener. Penginapan ini ga jauh dari bandara, naik ojek cuma 20rb. Ga terlalu recommended sebenernya, tapi cukup bagus untuk spot liat matahari tenggelam  di resto nya, selain itu juga tempat yang pas buat cari inspirasi kalo mau lanjutin nulis buku kedua gue hehe

View dari restonya Hotel Matahari

Ini belum maksimal sunsetnya lho

Dari penginapan gue naik ojek, tumben ga nyewa motor? Iya karena gue mikir ga bakal lama di Labuan Bajo, karena cuma pengen ke Pulau Komodo and besoknya lanjut ke Ruteng, Bejawa, Ende, dan Moni, and langsung lanjut perjalanan ke Maluku dari Kupang, jadi kalo gue nyewa motor di Labuan Bajo trus gue pake sampe ke Moni atau Ende, so gue musti balikin motor itu lagi and balik lagi ke Labuan Bajo, waktu gue ga cukup! Nah naik ojek dari penginapan ke Gua Batu Cermin pun cukup terjangkau kok, 20rb aja sekali jalan, plus tukang ojek nya jadi guide gue selama di Gua Batu Cermin. Biasa bawa motor sendiri, giliran ngojek, eh si abangnya bawa motornya pelan banget, mentang-mentang cewe kali ya penumpangnya, makanya dia bawanya pelan-pelan atau emang dia begitu bawa motornya? Entah lah, pokoknya gemes, kura-kura banget kecepatannya :(

Biaya masuk Gua Batu Cermin cuma 10rb aja kok, pas habis bayar langsung dikasih pinjem senter buat ngejelajahin itu gua. Dan si abang ojek nya ga dikenain biaya, karena mereka udah tau kalo dia orang lokal. Dan menurut gue ternyata Gua Batu Cermin ga ada yang menarik selain ada sebuah batu yang kalo pagi bisa mantulin sinar matahari, karena pantulannya itu makanya batu itu disebut batu cermin, dan karena  batunya ada di gua, maka disebutlah Gua Batu Cermin. Tapi sayang seribu sayang, karena gue ke sananya pas sore, jadi gue ga bisa liat pantulan yang diceritain sama abang ojek sekaligus guide gue.

Dan setelah puas menjelajahi gua itu, tiba-tiba hp gue bunyi, setelah gue angkat ternyata dari salah satu travel agent yang kasih kabar yang gue harapin, yup ada tendeman buat ke Pulau Komodo, dan berangkatnya besok subuh, yes! Ternyata masih hari keberuntungan gue! :)


Karena waktu juga udah semakin sore menjelang gelap, so gue putusin untuk balik ke penginapan untuk menikmati sunset, and there you go! Gue sama sekali ga dapat moment ini ketika di Papua :)

Ini lah sunset yang gue tunggu-tunggu :)

Romantis lah ya, kesian gue sendirian di sini :(

Gimana dapat spot sunset yang bagus di Labuan Bajo?

1. Yang pasti lo harus ada di Labuan Bajo, kalo naik pesawat dari mana aja turunnya di Bandara Komodo.

2.  Dari bandara naik ojek Rp. 20,000 ke semua penginapan yang ada di Labuan Bajo, lo tinggal bilang aja ke ojeknya mau diantar ke penginapan mana pasti udah tau mereka. Ga bakal juga nyasar, karena jalannya cuma lurus aja hehe

3. Penginapan Matahari semalamnya cuma Rp. 200,000, termasuk sarapan. Bisa lebih murah lagi kalo mau nawar.

4. Kalo mau liat sunset, lo duduk manis aja di restonya, and nikmatin tuh pemandangan laut lepas plus gugusan-gugusan pulau yang cantik plus sunset yang romantis.

5.Sebenernya di penginapan mana aja lo bisa liat sunset ini, asalkan lo pilihnya yang di kanan jalan kalo dari arah bandara, and pastiin penginapan itu ada pemandangan ke laut lepas, so sunset cantik bisa lo nikmatin deh.