.

.

12:28 PM
0

April 2018 – Mau berbagi aja, kalo ada air terjun yang gue nyebutnya miniatur Niagara Falls, kalo mereka punya tagline sih Surga Wisata yang Tersembunyi di Jawa Timur, dan memang small paradise ya, karena memang cantik luar biasa ini air terjun, namanya Air Terjun Tumpak Sewu. Gue sebenernya ke sini udah dari Juni 2017 yang lalu, cuma lupa belum diunggah di sini, maaf yak, keenakan ngebolang terus soalnya :D

The Amazing of Tumpak Sewu Falls!

Lokasinya sendiri ada di Kabupaten Lumajang yang berbatasan dengan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Termasuk gampang kalo dicari pake GPS kok. Sesampainya di sana, lo langsung di lokasi buat ber-swafoto, jadi cukup aman untuk wisata keluarga yang pengen berfoto ria. Nah buat yang berjiwa petualang lo bisa turun ke dasar air terjunnya, gue sempet nyoba ngelakuin itu, ngikutin tangga bambu yang ada, eh giliran nyampe bawah jalannya udah buntu, ga keliatan ada jalan yang lain. Sedikit kecewa sih karena udah ngebayangin mau berendam di airnya yang seger itu. Tapi pas gue jalan ke Goa Tetes gue ketemu sama rombongan yang salah satu dari mereka info kalo kita bisa turun ke dasar air terjun yang gue maksud, tapi harus pake tali, ah no wonder gue jalan sendiri dan ga dapat info itu ya sudahlah ya, next time coba gue ke sana lagi.

Mengagumi keindahan Air Terjun Tumpak Sewu


Infonya selain air terjun lo bisa nikmati 4 atau 5 lokasi wisata di bawahnya. Jadi mulai trekking nya dari Air Terjun Tumpak Sewu, turunin tangga kaya gue, ketemu jalan buntu tapi ternyata bisa dilewatin tapi pake tali, dan sampe di dasar air terjun lo terus trekking dan akan nemu laguna, dll dan berakhir di Goa Tetes.


Tangga yang harus dilewatin untuk sampe dasar air terjun

Sampe mentok dan keliatan ga ada jalan lain, pake dah tali kalo emang keliatan tali di sana, so bisa lanjut turun ke dasar air terjun



Gue sendiri nyampe Goa Tetes karena keluar dari area Tumpak Sewu dan ikutin arahan penduduk setempat, karena ga ada petunjuknya. Dan baru ketahuan kalo tangga yang gue turunin untuk ke Goa Tetes itu kelihatan dari pas gue coba turunin tangga di Tumpak Sewu. Ah next time gue harus trekking kalo ke sana lagi pokoknya!

Goa Tetes

Goa nya masih di atas lagi


Goa Tetes sendiri lokasinya masih sebelahan dari Tumpak Sewu, jadi kalo emang mau potong kompas yang kaya gue lakuin (Sebenernya ga tau, kalo tau gue juga mau trekking dari bawah air terjun), lo keluar area Tumpak Sewu dan ambil arah ke kanan, jalan sekitar + 300 meter akan ada loket lagi, nah habis lo bayar, ikutin dah itu jalanan dengan tangga setannya hehe, karena seperti yang gue bilang, ke surga ga gampang hehe.  

Gue amazed banget di Goa Tetes nya, karena jalanan yang dialiri air yang keliatan licin tapi ternyata lo bisa lewatin, tapi ya musti ati-ati dan pastiin apa yang lo injek ga licin, dan sekelilingnya hutan, aduh berasa in the middle of nowhere pas di sana, karena gue juga sendirian, jadi amazed banget!

Aliran air itu bisa dilewatin, tapi pastiin ga licin ya pas lo injek

Itu yang gue tunjuk adalah aliran air yang bisa dilewatin untuk sampe di Goa Tetes nya


Cara ke Air Terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes: 

1.       Kalo lo dari luar Jawa Timur, bisa lo tempuh dengan jalur darat, kalo terbang lo turun di Bandara Abdul Rahman Saleh, Malang. 

2.       Sewa kendaraan banyak pilihan, browsing yaaaa

3.       Kalo nyetir sendiri berarti lo harus andalin GPS, dan termasuk mudah kok kalo set GPS nya bener. 

4.       Biaya masuk di Air Terjun Tumpak Sewu dan Goa Tetes masing-masing Rp. 5000 (Juni 2017).



0 comments: