.

.

4:13 PM
0

April 2018 – Setelah puas menjelelajahi daerah selatan dengan pantai-pantainya, akhirnya kita juga pengen tau gimana daerah dengan udara dinginnya. Yup, kita meluncur ke arah timur, yang infonya terkenal dengan pemandagan ijonya yang cantik dan udara sejuknya.

Ella, kaya nama orang ya? dan masih dengan motor yang kita sewa, jarak yang kita tempuh sekitar 4 jam lebih, itu info di Google Maps, tapi kenyataanya seperti biasa, karena pemandangan yang kita lewatin itu ga bisa dicuekin, so lagi-lagi, kita tempuh sekitar ­+ 7 jam dari Mirissa ke Ella. Kaya gini pemandangan yang ga bisa gue dapatin selama tinggal di kota besar J

No idea apa nama danau ini

Ga jauh beda sawah-sawah di Sri Lanka sama di Indonesia

Si motor juga diistirahatin sambil yang nyetir dan penumpangnya menikmati pemandangan

Bus-bus umum di Sri Lanka begini semua, zaman old banget ya :D

Cukup bikin seger mata pemandangan ini 



Beberapa tempat yang wajib lo kunjungin kalo lagi di Ella:

1.       Ravana Falls
Ini air terjun pertama yang kita lihat pas otw ke Ella, jadi pintu gerbangnya bisa dikatakan adalah air terjun ini, karena lokasinya pas di pinggir jalan, dan bener-bener eye catching, otomatis langsung kita berhenti dan foto-foto deh :D. Suka! Karena sekililingnya bener-bener ijo plus tebing-tebing gitu. 

Ravana Falls

Dari pinggir jalan raya udah keliatan banget ini air terjun

Air Terjun Ravana

2.       Little Adam’s Peak
Jadi kalo di Sri Lanka itu ada sebuah gunung yang dipercaya dimana Nabi Adam dulu diturunini di sana, nama gunungnya adalah Adam’s Peak atau Puncak Adam, lokasinya ada di Nuwara Eliya, di tengah Sri lanka, dengan ketinggian mencapai 2.243m. Sedangkan kalo di Sri Lanka sendiri kan mayoritas Budha, jadi masyarakat di sana percaya kalo di puncak gunung itu ada jejak kaki Budha.
Nah kita sendiri ga sempet mampir ke Adam’s Peak nya, karena biasalah ya, banyak mau tapi sedikit waktu. Karena dari Ella tempat kita tinggal untuk menuju ke Nuwara Eliya aja bisa sampe 4 jam, jadi kita mampir ke yang mininya aja atau yang dikenal dengan Little Adam’s Peak, toh sama-sama daerah dingin juga J

Jarak dari pusat kota Ella menuju ke sini deket banget, kalo naik motor yang kita sewa sekitar 10 menitan, parkir, trus trekking deh. Nah selama trekking juga menyenangkan, karena pemandangan yang hijau dan seger, jadi memudahkan kita untuk hiking sampe ke puncak. Dibutuhkan sekitar setengah jam untuk sampai di ke dua puncak. 

Di puncak Little Adam's Peak

Sayang matahari kurang cerah, jadi kualitas foto kurang maksimal

Little Adam's Peak

Little Adam's Peak

Sekeliling Little Adam's Peak

Jadi pucuknya ada dua, sisi kiri dan kanan kalo gue nyebutnya :D


3.       Lipton’s Seat
Kirain tempat apaan gitu denger nama-nama merek teh. Ternyata ya memang sesuai namanya, yaitu perkebunan teh dan sejarah Pak Lipton yang akhirnya namanya dijadiin merek salah satu teh yang sering dipake di hotel-hotel. Cukup bagus sepanjang jalan ijo banget sama kebun teh, dan pas sampe di puncaknya ada tempat duduk Lipton, nah itu lah kenapa tempat ini dinamakan Lipton’s Seat. Di atas juga cuma ada satu warung yang cuma menyediakan satu makanan ala Sri Lanka, gue ga tau cara makannya, beberapa macam gorengan dan martabak ala Sri Lanka gitu deh, yang udah disiapin dan siap untuk disajikan ketika tamu datang. Mau makan ga tau gimana caranya dan ga yakin rasanya, ga dimakan pasti kelaperan nanti, akhirnya makan deh :D 

Lipton's Seat dan patungnya yang jadi objek foto para pengunjung
Mata dipuasin sama pemandangan kebun teh

Kebun Teh di Lipton's Seat

Boleh lah ya numpang eksis :D

Anak-anak sekolah Sri Lanka yang lagi berkunjung ke Lipton's Seat

4.       Bambarakanda Falls
Ini infonya air terjun tertinggi di Sri Lanka dengan ketinggian 263m. Ciri khas air terjun di Sri Lanka selain deket pinggir jalan raya juga pasti dikelilingi dengan tebing-tebing yang hijau dan menyegarkan ketika dilihat mata. 

Bambarakanda Falls dari jalanan

Air Terjun Bambarakanda

Betah banget liat pemandangan ini :)


Pemandangan ini bisa lo dapat ketika otw ke Air Terjun Bambarakanda

Pemandangan yng ga bisa ditolak ketika menuju ke Bambarakanda Falls


5.       Diyaluma Falls
Ini juga dari pinggir jalan raya udah kelihatan, dan cukup dingin juga airnya ketika coba renang di sana, jadi foto-foto aja deh.

Lagi-lagi, dari pinggir jalan udah keliatan itu air terjun

Air Terjun Diyaluma

Eksis di Air Terjun Diyaluma


Gimana untuk ke Ella: 

1.       Kalo lo dari Colombo, Negombo, Unawatuna, Mirissa, atau daerah yang lainnnya di Sri Lanka, naik aja bus, kereta, atau taksi. Di negara ini gampang mau kemana-mana, karena hampir semua daerah dilewatin bus. Gue kurang paham berapa biaya kalo naik bus atau kereta, karena gue udah sewa motor, tapi yang pasti cukup terjangkau dan jauh lebih hemat dari pada nyewa motor sendiri. Infonya di sini 

2.       Penginapan di pusat kota Ella banyak banget, dan gue nyewa penginapan dengan harga sekitar Rp. 250.000 tanpa sarapan. Untuk restoran juga banyak banget di area tersebut. 

3.       Ga ada biaya masuk untuk poin 1,2, dan 5. Sedangkan untuk 3 dan 4 ada biaya masuknya, tapi gue lupa, maaf ga kesimpen karcisnya, tapi cukup terjangkau kok.




0 comments: