.

.

4:12 PM
1


Enam hari gue menikmati Thailand untuk yang kedua kalinya setelah kunjungan pertama gue tahun 2009 yang lalu. Kali ini gue berpetualang ke selatan Thailand, tepatnya di Phuket, Patong Beach, Ko Phi Phi, dan Krabi Town.  Gue bukan pecinta pantai dan laut, tapi karena gue seorang traveler, jadi gue harus mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk melengkapi daftar kunjungan gue sebagai seorang pelancong. 

Patong Beach

Patong Beach kalau digambarkan sebenernya mirip dengan Pantai Kuta, namun perbedaan yang perlu digaris bawahi adalah kebersihan, tidak ada pedagang asongan, dan kursi pantai bebas mau pake tanpa ada biaya sewa, hal tersebut bisa ditemukan di Patong Beach kebalikan dari Pantai Kuta.
Dari Patong Beach gue lanjutkan untuk menyebrang  ke Ko Phi Phi dengan menggunakan ferry, tiketnya bisa didapetin dari resepsionis hostel atau guesthouse kita menginap atau travel agent yang ada di sepanjang Patong Beach, biasanya sudah termasuk penjemputan oleh minivan untuk diantar sampai di Rassada Pier atau Dermaga Rassada. 
Jalanan di Patong Beach
Dengan Kapal ini 2 Jam Perjalanan sampai di Ko Phi Phi
Info dari travel agent yang gue beli tiketnya, perjalanan akan ditempuh selama 45 menit dengan ferry untuk sampai di Ko Phi Phi, tapi ternyata 2 jam, ya mungkin yang dimaksud travel agent gue adalah 45 menit lebih satu jam lima belas menit ahahahaha. Sesampainya di Tonsai Pier Ko Phi Phi, kita masih dimintain retribusi sebesar 20 Baht. 

Ko Phi Phi atau yang terkenal dengan Phi Phi Island itu ternyata mirip dengan Gili Trawangan di Lombok, cuma Ko Phi Phi ini lebih gede, rame, dan motor masih ada, sedangkan kalau di Gili Trawangan, rame iya, tapi sama sekali ga ada kendaraan bermotor (Karena memang peraturan semua jenis kendaraan bermotor tidak diperbolehkan).  

Gue sempetin untuk mengunjungi Maya Bay dengan menggunakan longtail (harganya berapa Dew? Ntar sabar ya, baca sampe habis tulisan ini and lo bakal nemu tips nya ok! ;)) lokasi yang dipake shooting film The Beach nya Leonardo Dicaprio, Viking Cave, dan Moneky Beach memang bagus tempatnya, tapi yang di Monkey Beach itu kotor banget, sepertinya sih sampah para turis yang kasih makanan ke monkey-monkey itu.
Maya Bay

Numpang Shelfie yak! :D
 One of the most higlight things when I was in Phi Phi Island, I got this:


Tips dari Patong Beach, Phuket ke Phi Phi Island:

1.  Beli tiket ferry di resepsionis hostel, guesthouse, atau kios-kios travel agent di sepanjang Patong Beach seharga 300 Baht (Itu harga paling murah setelah gue compare ke hampir 10 tempat :D)
2.    Pastiin mereka jemput lo di hostel atau guesthouse. Atau kalau ga dijemput minta yang jelas di mana meeting point nya, mereka akan jemput lo pake minivan untuk didrop di Rassada Pier.


Tips menuju ke Maya Bay di Ko Phi Phi:

1.   Beli tiketnya di kios-kios travel agent, gue pilih yang pake longtail (perahu nelayan) seharga 400 Baht sudah termasuk makan siang (nasi goreng ga jelas rasanya hahaha).
2.    Sampai di Maya Bay nya dikenakan biaya lagi sebesar 100 Baht, karena tempat itu merupakan National Park nya Thailand.
3.   Kalau mau private langsung sewa longtail nya ke nelayan aja seharga 1,000 Baht, belum termasuk biaya masuk National Park (Maya Bay) sebesar 100 Baht.

1 comments:

momogrosir said...

mahal juga yah kalau di total2