Liburan merupakan salah satu hal yang wajib gue lakukan selain ke gereja, meskipun hanya bermodalkan backpack, tinggal di hostel, guesthouse, atau bahkan di Airport sekalipun itu sudah merupakan kenikmatan buat gue, yang penting bisa liburan ke tempat tujuan dengan low budget aka smart as a backpacker :D

Perjalanan awal tahun ini gue awali ke Vietnam dengan penerbangan transit di Singapore, karena pesawat yang gue pesan tidak termasuk akomodasi menginap selama transit, padahal transit 10 jam, itupun pesawat gue tiba di Singapore jam 10.50 malam, so untuk menghemat biaya, gue pilih stay di Bandara Changi, pengalaman pertama buat gue nginep di bandara,  dan dari berbagai sumber tips yang bisa dipercaya akhirnya dapat juga spot untuk tidur di Changi Airport.

Setelah mendarat dan sebelum cari spot buat leha-leha nunggu penerbangan berikutnya, gue urusin terlebih dahulu connecting flight gue biar besok pagi ga repot-repot check in lagi, setelah selesai urusan penerbangan selanjutnya, akhirnya gue melalang buana cari spot untuk tiduran, tadinya gue pikir agak susah cari spot yang nyaman, eh pas sampai di pengurusan connecting flight (Terminal Lounge E), ternyata sudah banyak yang tengkurep dan rebahan di beberapa sofa depan pengurusan counter ini, dan ternyata semudah itu dapat tempat untuk rebahan selama menunggu pesawat gue yang ke Vietnam jam 8 pagi keesokan harinya.

Kebetulan HP gue low bat, jadi gue cari spot yang bisa duduk sekaligus nge-charge, dan bener banget, pas di depan counter pesawat terusan ini, gue udah dapat spot itu, karena pengalaman gue beberapa kali ke Singapore yang colokan listriknya beda sama Indonesia, so gue udah siapin colokan yang dimiliki oleh Negeri Singa ini. Tapi ternyata plug yang udah gue siapin ga kepake, karena perkembangan penggunaan iPhone di Singapore ini sudah semakin buanyaaak, maka mereka menyiapkan colokan yang disesuaikan dengan pengguna iPhone pada khususnya, asiiiikkk, eh meskipun gue beberapa kali ke Singapore, tapi terakhir ke sana ternyata 3 tahun yang lalu hahaha *banyak ketinggalan perkembangan Negara tetangga ini :D

Selain tempat colokan untuk nge-charge peralatan elektronik, Bandara Internasional Changi ini juga menyediakan taman bermain untuk anak-anak, home entertainment juga ada (Bisa nonton tayangan di giant TV, untuk audio nya langsung disambungkan ke masing-masing kursi penontonnya, jadi yang ga nonton ga keberisikan, canggih!), air minum juga tersedia gratis, wifi dengan strength signal, toilet juga bersih, kursi buat pijat pun ada, dan semuanya disediakan secara cuma-cuma alias gratis! *Harusnya Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki fasilitas yang sama*. Tapi jangan mentang-mentang gratis, niat mau liburan ke Singapore dan ga mau keluarin budget buat nginep jadi stay di airport ini, jangan sekali-kali! Karena petugas bandara rajin melakukan sweeping di subuh-subuh, memastikan apakah lo punya boarding pass untuk penerbangan lo selanjutnya. Salut buat Bandara Changi!