.

.

6:12 PM
1


Dua hari cukup buat gue menikmati Siem Reap, Kamboja. Tujuan selanjutnya adalah Thailand dan itu gue tempuh menggunakan jalur darat, perjalanan dimulai dari jam 02.00 pagi, sampai di perbatasan Thailand 2,5 jam berikutnya, karena border baru buka jam 06.00 pagi, jadi kita waktu itu menunggu 1,5 jam di dalam bus, ga ada yang bisa dikerjakan selain tidur, mau jalan-jalan di luar juga masih gelap plus dingin banget.

Bus dari Kamboja ke Thailand
Jam enam kurang sedikit petugas bus menginformasikan kita sudah bisa mulai mengantri di imigrasi, cukup cepat dan lancar prosesnya, karena tidak terlalu banyak antrian, dan dipastikan penumpang bus kami itulah pelancong pertama yang datang ke Thailand hari itu. Pemegang passport Indonesia tidak dikenakan biaya visa. Setelah proses masuk ke Negara yang terkenal dengan Tom Yum Soup tersebut selesai, maka kami melanjutkan perjalanan ke Khao San Road (Kawasan Backpacker), Bangkok. Total perjalanan yang ditempuh dari Siem Reap, Kamboja ke Bangkok, Thailand adalah 12 jam.  Dan karena tujuan utama gue ke Thailand adalah ke Phuket, jadi Bangkok merupakan kota transit aja buat gue, sesampainya di Khao San Road itu gue langsung cari tiket bus ke Phuket, dan karena bus berangkat jam 18.00, jadi gue menghabiskan waktu siang itu di kawasan backpacker dengan makan siang dan nonton film gratis.

Jam 18.00 kurang sedikit gue udah duduk manis di bus yang akan bawa gue ke Phuket, dan karena gue kurang tidur setelah perjalanan dari Kamboja, maka gue manfaatin untuk langsung tidur ketika gue duduk dalam bus itu, sempat lelap gue, dan pas bangun gue lihat jam udah hampir jam 20.00, tapi bus ga jalan juga, cuma mesinnya aja yang dari tadi dinyalain, uhlalalala, jadi selama gue tidur hampir 2 jam itu bus masih ada di Bangkok?!!! Baru kali ini naik bus delay nya 2 jam! Dan jam 20.00 lewat dikit baru bener-bener bus nya jalan, semua penumpang sampe tepuk tangan, udah kaya nonton pertunjukan apa aja dech! -___-

Bus dari Bangkok ke Phuket
Bus nya dari luar mewah banget, 2 tingkat, bagian dalam juga bagus, sandaran tempat duduk bisa dipindah ke posisi tidur, tapi jangan sampai 90 derajat ya, iya lah ngeganggu penumpang di belakang lo tauuu! :P Tapi toilet nya engga banget, ga ada tissue sama sekali. Sekitar jam 23.30 bus berhenti selama 30 menit, kita dikasih waktu untuk makan, gosok gigi, cuci muka, dan pipis sebelum melanjutkan perjalanan yang diperkirakan akan sampai jam 8 pagi dikeesokan harinya.

Jam 7 pagi tepat kami sampai di terminal bus, bukan juga sih, sebenarnya dalam satu bus dari Khao San Road yang barengan gue semalaman itu ga semuanya ke Phuket, ada yang ke Krabi, Suratthani, dan beberapa daerah yang emang berdekatan sama Phuket, jadi kita berhenti di terminal bayanganlah (semacam warung dan ada travel agent nya, jadi sambil nunggu bus yang akan bawa kita ke tujuan utama diharapkan kita bisa menghabiskan baht kita untuk sarapan di warung itu, dan kalau ada yang butuh tiket atau apapun yang berhubungan dengan traveling, ya diharapkan bisa ke travel agent itu, bagus juga trik nya biro perjalanan yang dari Bangkok),dan dari situ kita semua dicerai beraikan, rata-rata dari sebagian penumpang yang bareng sama gue itu lanjut pake minivan,  grup yang mau ke Phuket dipanggil paling akhir, karena ternyata kita pake tuk-tuk, nah loh, gue pikir berarti kita udah deket banget dong karena cuma pake tuk tuk aja. Ga taunya tuk tuk itu yang nganterin kita ke halte bus Muang Suratthani, dan kita masih lanjut lagi perjalanan untuk sampai Phuket selama 6 jam. So total perjalanan darat yang gue tempuh dari Kamboja sampai di Phuket atau tepatnya di Patong Beach adalah 33 jam, phew! Si abang tuk tuk yang bawa kita ke halte bus ini coba mau tipu kita dengan bilang, tiket untuk ke Phuket bisa dibeli di situ (sambil nunjuk ke travel agent), tapi gue dan penumpang lain bilang kalau harga bus yang kita beli dari Bangkok sudah termasuk ke Phuket! *Pengen gue cabutin bulu kaki si abang tuk tuk itu! -__-

Yup, tujuan gue sebenarnya adalah ke Patong Beach nya, bukan ke Phuket Town, jadi selama ini yang kita dengar Phuket itu adalah pantai, tapi yang bener adalah, Phuket itu kota, sedangkan pantainya adalah Patong, jadi bus yang gue naikin dari Khao San Road, Bangkok itu terminal akhirnya di Phuket Town, karena gue ke Patong Beach, jadi diturununin di terminal bayangan untuk lanjut menggunakan minivan

Tips naik bus dari Siem Reap, Kamboja ke Bangkok, Thailand:

1.     Beli di travel agent mana aja di Siem Reap, biasanya di hostel tempat kita menginap juga ada. Harga hanya $10 (udah ga ada biaya lagi sampai di Khao San Road, Bangkok).
2.   Pastiin mereka jemput lo di hostel atau tanya sejelas mungkin meeting point nya. Kalau waktu itu gue berangkat jam 2 pagi, makanya gue pastiin mereka jemput gue di hostel.
3.    Proses imigrasi kita sendiri yang ngurus, petugas bus tidak membantu apapun, jadi kita ga perlu mengeluarkan biaya lebih seperti dari Vietnam ke Kamboja.

Tips naik bus dari Bangkok ke Phuket Town dan Patong Beach:
 
1.      Beli tiket bus dari Khao San Road jurusan Phuket seharga 750 Baht atau $25 atau Rp. 275,000
Kalau memang tujuannya ke Phuket Town, berarti berhenti di terminal Phuket.
2.   Kalau ke Patong Beach, bilang sama keneknya, dan nanti diturunin di terminal bayangan untuk ganti ke minivan. Sebenernya harga juga sudah termasuk kalau emang belinya langsung ke Patong, tapi kalau pas pertama beli tiket bilangnya ke Phuket doang kaya gue, jadinya kena charge lagi 200 Baht.

1 comments:

Unknown said...

Halo, tulisannya menarik^^ saya mau tanya, pas di border thailand-kamboja ada requirement khusus ga sih buat melintas? dan apa ada biaya lain-lain? soalnya kalo liat di Siamlegal ada requirements bawa uang minimal 10.000 baht. kebetulan saya ada rencana ke Thailand dari Phnom Penh di bulan Mei/Juni. Tolong dijawab ya, terima kasih!