.

.

1:36 PM
0



Halong Bay, Vietnam
Menginap semalam di Old Quarter itu sudah cukup buat gue, karena main point gue ke Hanoi adalah ke Halong Bay, karena perjalanan menuju ke tempat tersebut ditempuh dalam waktu 3 jam dengan bis dan tur yang menurut rekomendasi dari Old Quarter jam keberangkatan hanya satu kali yaitu jam 8 pagi, makanya gue stay satu malam di sana untuk melanjutkan perjalanan ke Halong Bay dikeesokan harinya. Gue bersyukur banget, dari beberapa rekomendasi yang gue baca paket tur menuju Halong Bay yang termurah adalah $68 (2 days 1 night), dan gue udah siapin budget itu, namun Dewi Fortuna selalu ada di pihak gue, gue dapat paket dua hari satu malam dengan ngeluarin kocek cuma $53 yang sudah termasuk penjemputan dari hostel dan langsung ke Halong Bay, nginep satu malam di kapal, sarapan, makan siang dua kali, dan makan malam (nari hula-hula).

Jam 8 pagi kurang dikit, itupun setelah gue sarapan, datanglah bis (mini van) yang jemput gue untuk ke Halong Bay, ternyata sudah ada beberapa turis di dalam bis tersebut, dan gue pikir mereka inilah yang bakal jadi partner gue selama di Halong Bay, dan ternyata benar, orang-orang tersebut satu tur sama gue dan satu kapal juga selama di Halong Bay. Kita waktu itu terdiri dari 7 orang dari Polandia, 2 warga Negara Australia, 3 Russian, dan satu orang manis dari Indonesia, itu gue sendiri (Nyenengin diri sendiri sesekali boleh dong! :D) Dan roommate gue adalah salah satu cewe dari Polandia. 

Halong Bay Pier
Setelah menempuh jarak kurang lebih 3 jam dari Hanoi City menuju Halong Bay, sampai juga kita di pelabuhan Halong Bay, dan kita langsung naik kapal yang memang sudah disediakan. Tujuan pertama adalah ke Gua Dau Go, yang merupakan gua terbesar yang ada di wilayah Halong Bay. Dan selama menuju perjalanan ke sana, kami menikmati makan siang yang memang sudah disediakan di kapal, dan makanannya ya ampuuuuun cuma nasi yang disediakan di mangkuk besar yang otomatis dibagi oleh 6 orang di satu meja, plus 3 sayuran oseng yang disajikan di 3 piring yang berbeda, omelet yang sudah dipotong-potong and disajikan dipiring, plus 6 biji pisang yang semuanya diperkirakan cukup untuk 6 orang di setiap meja, padahal kalo menurut gue, itu bukan makanan yang layak disajikan dalam tur lho, bener-bener ada harga ada barang yach! haha

Gua Dau Go, Halong Bay
Setelah selesai makan siang, tibalah kita di Gua Dau Go, harus menaiki beberapa anak tangga untuk sampai di mulut gua ini, tidak terlalu tinggi seperti gue naikin 1.237 anak tangga untuk sampai di puncak Gunung Tiger Cave di Krabi, Thailand. Dan ketika kita sampai dalam gua, wow! Sangat menarik sekali staklatit dan staglamit yang terbentuk dalam gua tersebut, ditambah dengan pencahayaan lampu-lampu yang cukup membuat daya tarik tersendiri di dalamnya. Sebenarnya guide gue jelasin setiap detail dalam gua tersebut, cuman bahasa inggris dengan logat Vietnam nya itu ditambah dengan kepercayaan tinggi yang luar biasa, karena ngerasa dia lancar berbahasa inggris so dia ngomong dengan tempo yang kaya gue lagi kebelet pipis and harus nyari toilet bersih baru bisa pake itu toilet, ga jelas banget bahasa inggrisnya hahaha banyak kita sebagai turis yang ga ngerti juga apa yang dia omongin, sering gue nanya coba ulangin lagi maksudnya ini apa, dia mengulang penjelasan sich, tapi cape juga kalo setiap kali dia njelasin and gue nya nanya lagi, ntar dipikirnya gue yang ga ngerti bahasa inggris, eh pas gue ngobrol sama orang Australi di samping gue, dia juga bilang ga ngerti sama apa yang dijelasin guide tercinta kita ahahahaha

Setelah puas mendengarkan celotahan guide yang semakin ga jelas dengan logat inggris Vietnam nya dan berfoto-foto, so kita kembali ke kapal dan menikmati makan malam dikedinginan Halong Bay yang gue prediksikan 12 derajat Celsius tuh, karena pas gue tidur pun ga bisa lelap karena kedinginan, dan teman sekamar gue yang Orang Polandia pun ga bisa tidur, karena kedinginan pula, nah loh! Mereka orang-orang yang biasa ada winter yang udaranya lebih dingin dari saat itu aja kedingingan, gimana gueeeeee! 

Gue di suhu 19 Derajat Celcius di jam 1siang!
Cukup menyenangkan juga punya pengalaman ga bisa tidur lelap dan keesokan paginya terbangun ternyata di tengah-tengah laut yang entah di mana saat itu kalau misal gue dilepas sendiri juga ga bakal kuat untuk renang sampai di pantai, karena duinggiiiiiiiin banget!, yang kelihatan cuma batu-batu karst yang kaya bukit ditutupi kabut tipis dengan hamparan laut berwan tosca. Sangat bagus, tapi tidak dengan hawa di Bulan Januari saat itu :D Katanya mirip Raja Ampat, tapi berhubung belum pernah kesana, jadi ga tau bagusan mana, tapi dipastikan cuaca akan lebih bersahabat di Raja Ampat (Jadi ga sabar pengen ke sana).







Gue nginep di kapal ini

Halong Bay
 
Tips menuju ke Halong Bay:

1.     Dari No Bai Airport, Hanoi: Naik shuttle bus dan turun di Old Quarter. Detail di sini ya
2.     Paket tur tersedia 2 Hari 1 Malam dan 3 Hari 2 Malam, minta di arrange sama petugas resepsionis di hostel kita tinggal.
Harga paket 2 Hari 1 Malam: Umumnya $68 (sudah termasuk penjemputan di hostel, makan siang, makan malam, sarapan, dan menginap semalam di kapal). Tapi gue beruntung dapat harga cuma $53 :D
Harga paket 3 Hari 2 Malam: $235 (Termasuk penjemputan di hostel, makan malam, makan siang, sarapan, menginap di kapal selama dua malam).


0 comments: