Juni  2019 – Kalo yang kepo dengan hasil eksplor di hari-hari sebelumnya bisa cek sini, hari pertama, hari ke-2, hari ke-3 & 4, hari ke-5, hari ke-6, hari ke-7, hari ke-8 & 9, hari ke-10 & 11, hari ke-12, hari ke-13hari ke-14, 15 & 16, hari ke-17 & 18.

Perjalanan berikutnya kita tempuh selama 171 km dari Queenstown menuju Te Anau, semakin mepet ke ujung selatan pulau nya New Zealand. Sebelum bangun tenda untuk bermalam, kita habisin siang ke sore itu untuk belanja keperluan makan malam dan leyeh-leyeh di Lake Te Anau, sekalian nyari campsite sih sebenernya leyeh-leyeh di sana hehe. Setelah browsing-browsing dan compare harga sana sini, akhirnya kita bangun tenda di Te Anau Lakeview Holiday Park, per malamnya kena di $24/ orang/ tenda.

Inilah jalur yang kita tempuh dari Queenstown ke Te Anau atau area Fiordland National Park di New Zealand

Berhubung di area sini adalah punya Fiordland National Park yang cukup luas untuk dijelajahin dalam waktu sehari, akhirnya kita putuskan untuk stay selama 3 hari 2 malam.

Keesokan paginya langsung kita menuju ke area yang curah hujannya bisa dikatakan 70% setiap tahunnya yang terkenal dengan selatnya yang mirip Rammang- Rammang, Maros, Sulawesi Selatan. Beda sih sebenernya, ah udahlah, pokoknya kaya gini deh gambarnya, nama areanya adalah Milford Sound:

Milford Sound yang mirip di Rammang Rammang nya Maros Sulawesi Selatan

Lokasi ini setelah area parkir menuju ke pintu masuk Milford Sound
Kapal-kapal yang menawarkan paket tur Milford Sound, dan kita naik salah satunya

Segini yang ngantri mau ikutan naik kapal untuk tur
Ini jalur tur di Milford Sound dengan kapal yang kita naikin. Tur nya sendiri sekitar 3 jam-an
Sedikit kecewa dengan gambar-gambar di brosur dan foto-foto di web, soalnya seperti biasa, gambar-gambar di promosi lebih cantik dibanding kita foto sendiri hahaha. Bercanda ah! Sebenernya kalo cuaca cerah maka hasil akan maksimal, atau mungkin kalo lagi winter yang ijo jadi putih. Meskipun mendung, tapi ketika kita datang untuk lihat dengan mata kepala sendiri juga tetep cantik kok Milford Sound ini.
Semalam sebelum kita berangkat ke Milford Sound ini, kita kan pasti cek weather forcast, dan infonya selama seminggu full ke depan hujan mulu di area ini. Biasanya kita tunggu sampe berapa hari ke depan sampe cuaca cerah, tapi karena seminggu full ke depan infonya tetep bakal hujan, so kita nekat deh berangkat keesokan hari setelah kita bangun tenda di area Lake Te Anau, iya daripada kita nunggu sampe seminggu yang ada malah habis waktu kita di Milford Sound. And Thank God, selama ikut tur ga ada turun hujan sama sekali, hanya mendung aja sepanjang tur. Dan ini air terjun pertama yang kita lihat setelah ninggalin start

Air terjun pertama yang kita lihat di Milford Sound ga lama setelah ninggalin start. Dan karena posisi kita ada di kapal, jadinya bisa liat and foto-foto aja

Another snowcapped view yang bisa kita lihat di salah satu puncak gunung di area Milford Sound

Air terjun kedua yang kita liat di Milford Sound

Air terjun kedua yang kita liat di Milford Sound, yang lagi-lagi cuma bisa kita liatin dari kapal.

Milford Sound yang curah hujannya selalu tinggi setiap tahunnya.

Oh ya, jangan lupa pake jaket ya, awalnya emang seger selama berdiri di kapal sambil dengerin si mba bule guide yang jelasin setiap detail yang kita liat dan lewatin, tapi lama-lama menggigil gue hehe

Air terjun ketiga yang kita liat dari kapal di Milford Sound
Gue lupa, either air terjun yang ini atau yang ke-4 nanti yang airnya sampe kaya hujan, karena kita yang ada di kapal sampe basah, karena emang si nahkodanya sengaja mepetin kapalnya deket ke air terjun, jadinya basah semua kita :D

Di Milford Sound ketemu juga sama singa laut. Iya gampang banget ketemu mereka di New Zealand, padahal juga pengen ketemu penguin, tapi ga pernah berhasil.

Singa laut yang lagi leyeh-leyeh, berharap bisa mandi sinar matahari, tapi yang ada mendung aja :D

Air terjun kecil di Milford Sound, ketika kapal dideketin, berasa kaya gerimis jadinya.

Another small falls in Milford Sound

Nah ini air terjun besar ke-4 yang kita liat, yang tadi gue bilang, either ini atau yang ke-3 tadi yang berasa kaya hujan pas kapal di deketin

Sepertinya sih ini ya air terjun yang bikin kita semua basah di Milford Sound :D. Jadi jangan lupa bawa jaket anti air atau plastik buat nutupin kepala lo kalo ga mau rambut lo basah hehe

Ini kalo ga salah denger dari mba guide yang infoin adalah area untuk yang mau tur bawah laut, jadi ceritanya, kalo mau ikut tur keliling Milford Sound ada 2 pilihan. Pertama; Diem di kapal sambil nikmati pemandangan Milford Sound plus dengerin penjelasan dari mba guide bule. Kedua; Selain menikmati pilihan pertama, juga bisa ikut tur bawah lautnya. Nah, ini gue bukan mau ikut tur bawah lautnya, tapi di kapal yang kita naikin sebagian penumpangnya mau ikut tur option kedua itu, makanya mau diturunin di sini, dan jemput yang udahan. Bukannya gue ga mau ikut tur pilihan kedua, yang gue ga mau adalah biayanya lebih mahal, makanya gue ga ikut tur option kedua hehe.

Salju yang tersisa di puncak gunung di Milford Sound, iya ketemu lagi dengan salju.

Ini adalah air terjun yang pertama tadi, cuma beda angle. Ini gue ambil pas perjalanan balik ke start dengan pemandangan ada kapal di deketnya.

Pengen banget nyentuh air di air terjun itu, tapi gue yakin dingin banget, jadi cukup gue tahan keinginan gue itu

Air tejun pertama dari angle arah pulang

Air terjun pertama dari deket. Iya berhasil ambil dengan angle yang bagus, soalnya pas di awal-awal kalah posisi sama bule-bule yang lebih tinggi dari gue :D

Milford Sound rasa Rammang Rammang

Ini areanya deket pelabuhan di Milford Sound

Betapa mendungnya cuaca di Milford Sound

Ada banyak air terjun di Milford Sound

Menikmati salah satu air terjun di Milford Sound dari atas kapal

Air terjun di Milford Sound

Untuk bisa lihat dari dekat kayak gini harus naik cruise ship, biaya nya waktu itu kita kena per orang $84, waktu perjalanan sekitar 2-3 jam. Jadi selama di kapal ada pemandunya gitu yang jelasin area tersebut. Nah perjalanan dari campsite menuju ke Milford Sound sekitar 2 jam, iya cukup jauh emang, trus kenapa ga nginep di area Milford Sound? Karena di sana ga ada campsite, yang ada hanya hotel yang ga cocok buat kita para campers :D Jadi rela-relain nyetir jauh, toh selama perjalanan ke sana juga pemandangannya ini yang kita dapat:

Salah satu danau di area Fiordland National Park

Masih di danau hasil kita eksplor di Fiordland National Park

Mirip pantai dengan air lautnya, tapi ini adalah salah satu danau masih di area Fiordland National Park

Bebeknya lagi outing keluarga kayanya di salah satu danau di Fiordland National Park :D

Ini jujur jauh lebih cantik kalo diliat langsung dengan mata kepala sendiri dah, bener-bener rasanya pengen guling-guling di sini hehe

Rumput warna kuning emas yang dikelilingin gunung-gunung dan bukit-bukit sepanjang jalan menuju ke Milford Sound, Fiordland National Park.

Lagi-lagi, nemu sisa sisa salju di salah dua gunung di sepanjang jalan Fiorldand National Park

Salju yang meleleh jadi air terjun slim di sepanjang jalan Fiordland National Park

Nah, kita bisa foto sama air terjun slim sesuai foto yang sebelum ini, karena kita berhenti di depan terowongan ini. Gue ga inget pastinya, entah waktu itu karena lagi ada pembangunan di dalam terowongan ini atau emang sistemnya yang gantian, gue lupa. Tapi yang pasti kita sempet berhenti sekitar 5 menit untuk antri lewatin terowongan ini. Kita tau 5 menit persis, karena ada timernya deket lampu merah situ, makanya, daripada bengong dalam mobil, mendingan turun untuk foto-foto dah :D

Salah satu sungai yang kita temuin persis di pinggir jalan di area Fiordland National Park. Lagi-lagi, setiap kalo gue liat sungai sebersih ini ada di Indonesia, pasti ga bakal sepi sama penggunanya yang ga lain adalah penduduk setempat dengan aktivitas nyuci, mandi, dan lain sebagainya :D

Jalanan di Fiordland National Park yang dikelilingi gunung-gunung menjadikan pemandangan yang ga bosen dilihat.

Nah, ini adalah sisi sebrang terowongan yang kita ngantri untuk lewatinnya. Papan item yang ada tulisan kuning itulah timer yang tadi gue bilang, jadi kita tau berapa lama akan berhenti. Jadi bisa matiin mesin kendaraan selama nunggu dan keluar untuk foto-foto :D

Snowcapped view on our way to Milford Sound

Sungai yang kejernihan airnya bisa dilihat dari kejauhan

Seinget gue ini kita ambil fotonya di atas bukit, yang entah namanya apa, pokoknya ini arah kita pulang dari Milford Sound menuju ke campsite di Te Anau

Landscape yang ga habis-habis cakepnya di area Fiordland National Park

Entah ini kita berhenti yang keberapa untuk bisa ambil foto pemandangan yang biasanya dipake di desktop komputer hehe

Pemandangan yang menawan ini sangat lumrah dan gampang ditemuin di New Zealand

Lagi-lagi, lewatin sungai yang ada di pinggir jalan, tapi airnya sejernih ini

Beginilah sampah yang kita liat di sungai pinggir jalan di Fiordland National Park atau jalanan yang lain di New Zealand, iya, sampahnya sampah alami, bukan plastik atau sampah rumah tangga yang kaya di... ah sudahlah, ga usah dibahas! Mending nikmatin aja pemandangan yang seger alami ini.

Suka liat tanaman liar ini, suka sama warnanya. Kalo ada yang tau nama tanaman ini boleh tinggalin komen di bawah artikel ini ya :)
Bunga liar di New Zealand ini ga ada yang ga cantik, jadi harus selfie ama mereka hehe

Ini ceritanya ambil foto sepulang dari Milford Sound yang udah mulai sore dan dingin

Ini juga sih sebenernya pas sepulang dari Milford Sound, tapi demi sebuah foto, rela kedinginan hehe

Kalo ini keesokannya kita balik lagi ke area ini hanya untuk foto dengan hawa yang lebih hangat, plus ekplor beberapa tempat yang foto-fotonya bisa kalian liat di bawah ini.

Can't resist selfying in a great landscape of New Zealand :)

Ga bosen foto dengan bunga liar nan cantik ini lagi, tapi maaf kalo yang bosen yang baca blog gue ini :D

Again, pembaca blog gue yang setia, atau yang baru kepo-in blog gue ini, please buat yang tau, tolong kasih tau gue apa nama tanaman yang gue sentuh itu di kolom komentar setelah artikel ini ya, terima kasih banyak sebelumnya :)

Sesuai namanya yaitu The Chasm, air terjun yang ada di bawah atau air terjun jurang. Jadi untuk bisa liat air terjun ini ya kita yang di atas, dari atas jembatan ini ambil fotonya.

Warna air terjun yang hijau toska dari The Chasm

Lubang-lubang di batu yang keliatan itu adalah proses selama berabad-abad. Iya, air yang kebawa arus secara terus menerus sehingga secara ga sengaja memahat batu-batu yang dilewatin  dengan bentuk lubang. Proses yang unik ya :)
 Keunikan The Chasm Falls

Lebih jelas kan lubang-lubang di batu-batu itu kalo di-videon-in :)

Humboldt Falls ini masih di area Fiordland National Park, dan ini adalah air terjun tertinggi yang kita datangin selama di New Zealand. Ketinggiannya mencapai 275 m. Di sebelah kanan juga keliatan ada air terjun yang lebih pendek, sebut saja anak Humboldt Falls :D
Untuk mencapai lookout point Humboldt Falls ini diperlukan treking sekitar 15 menit sekali jalan. Dan ga diizinin untuk mencapai air terjunnya langsung, otherwise, kalo nekat ya monggo take your own risk, karena masuknya lagi-lagi GRATIS :D

Air tejun mini ini posisinya di pinggir jalan banget, jalan raya utama Fiordland National Park. Jadi setelah parkir mobil pinggir jalan, ya foto-foto kita

Another refreshing water color! A common view in New Zealand. Segerrrrr!!!
Salah satu danau yang gue lupa namanya, pokoknya lokasi di pinggir jalan Fiordland National Park dah :D

Tempatnya ga populer, karena yang ngunjungin cuma kita berdua hehe. Entah mungkin banyak option yang lebih bagus kalo dibanding sama danau ini, tapi sangat tenang pas nyampe di danau ini.

Karena lokasi yang gampang dijangkau dan gratis pula, so kenapa ga disamperin ya kan?!

Ada yang ngeh dari kejanggalan foto ini? Tulis di kolom komen yaaaa :)

Saking jernih itu air, makanya disebut Mirror Lake

Sejernih kristal itu air, makanya bisa merefleksikan apa yang ada di sekitarnya, that's why it called Mirror Lake

Ada beberapa spot untuk kita bisa ambil foto di Mirror Lake, dan diperlukan treking ga sampe 10 menit untuk dapetin spot-spot tersebut.

Mirror Lake yang cantik!
Creek atau anak sungai ini lokasinya deket Humboldt Falls, dan lagi-lagi, warna airnya itu sungguh menggoda

Setiap creek atau anak sungai yang ada di New Zealand itu ada namanya, dan yang ini gue ga inget, hanya inget kecantikan warna airnya :D

Jembatan ini beneran kecil, muat buat seorang aja, fungsi utama yang pasti buat nyebrangin sungai ini, tapi ternyata instagramable euy hehe

Masih terbayang betapa seger, dingin, dan jernihnya air di sungai ini

Dan karena tempat-tempat itulah makanya kita jadi tinggal lebih lama di area tersebut.

BERSAMBUNG. Di New Zealand ternyata ada Moneky Forest lho, eh Monkey Island. Klik sini ya untuk keseruannya! :)